Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Zulkifli Hasan Klaim PAN Gabung ke KIH Demi Kepentingan NKRI

Warta Ekonomi -

WE Online, Purwokerto - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan PAN bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) merupakan upaya untuk mendahulukan kepentingan bangsa dan negara.

"Ada panggilan lebih besar, panggilan bangsa, panggilan NKRI. PAN berusaha mendahulukan itu politik kebangsaan, tentu kita akan mengutamakan panggilan yang lebih besar, panggilan untuk kesejahteraan rakyat indonesia, kepentingan NKRI itulah yang kita dahulukan dengan mengurangi kepentingan kelompok dan golongannya," katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (3/9/2015).

Zulkifli mengatakan hal itu kepada wartawan usai menjadi pembicara dalam diskusi kebangsaan "Menatap Indonesia Masa Depan" di Gedung Roedhiro, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Menurut dia, perdebatan tentang KIH dan Koalisi Merah Putih (KMP) sudah tidak tepat untuk saat sekarang karena partai politik (parpol) harus hadir di tengah-tengah rakyat.

"Parpol harus hadir di tengah-tengah rakyat, apalagi rakyat kita ada kesulitan. Harga-harga sekarang luar biasa tingginya, pengangguran meningkat," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, PAN mengambil jalan tengah untuk mendukung dan bergabung dengan KIH guna menyukseskan pemerintah. Kendati telah bergabung dengan KIH, dia mengatakan bahwa PAN tetap akan kritis terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla karena mengkritisi merupakan tugas semua pihak dalam negara.

"Kritis itu kan membangun, wajib dilaksanakan semua pihak, caranya kan beretika dan santun," katanya.

Disinggung mengenai restu yang diberikan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais terkait masuknya partai berlambang matahari terbit itu ke KIH, Zulkifli mengatakan bahwa pihaknya akan mendahulukan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pak Amien (Amien Rais, red.) kalau sudah menyangkut NKRI akan terganggu ya seperti itu. Apapun (kepentingan) akan ditinggalkan, karena (NKRI) yang nomor satu," katanya.

Meskipun demikian, dia mengakui bahwa Amien Rais merupakan sosok petinggi PAN yang selalu kritis sehingga akan tetap bersikap kritis kepada pemerintah. "Pak Amien tetap kritis, itulah sebagai guru bangsa, tokoh reformasi kalau enggak diingatkan siapa lagi," katanya.

Ia mengharapkan seluruh parpol untuk meninggalkan kepentingan-kepentingan sempit dan kepentingan-kepentingan kelompok. Saat ditanya mengenai reaksi parpol lain yang tergabung dalam KMP terkait perpindahan PAN ke dalam KIH, Zulkifli mengaku yakin langkah yang diambil PAN tidak akan mengecewakan barisan KMP.

"Insya Allah (KMP) tidak akan kecewa," kata Zulkifli. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: