Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kadin Surabaya Gandeng Bitcham Perkuat UMKM Hadapi MEA

Warta Ekonomi -

WE Online, Surabaya - Kamar Dagang Industri Surabaya menyiapkan strategi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, salah satunya menggandeng "The British Chamber of Commerce" atau organisasi sejenis Kadin yang ada di Inggris.

"Kerja sama dengan Britcham akan kita fokuskan pada bidang industri. Dan pada tahap awal akan kita kenalkan sejumlah UMKM yang ada di Surabaya," ucap Ketua Kadin Surabaya, Jamhadi usai penandatangan MoU dengan Britcham di Surabaya, Kamis (3/9/2015).

Selanjutnya, kata Jamhadi, Kadin Surabaya akan diundang Britcham ke Inggris pada November 2015 untuk menawarkan apa yang bisa ditawarkan dari Surabaya dan Jawa Timur, salah satunya membawa serta sejumlah UMKM.

"Kita meyakinkan pada mereka bahwa industri di Surabaya dan Jawa Timur itu aman, serta mempunyai potensi yang sangat bagus untuk terus dikembangkan," katanya.

Ia menilai, peluang kerja sama dengan Inggris terbukti sangat bagus, sebab di bidang perdagangan Kadin Surabaya sudah sebelas tahun melakukan kerja sama, dan tidak pernah mengalami defisit pada nilai neraca pedagangan.

"Oleh karena itu pada tahapan ini akan kita arahkan agar adanya pemasukkan permodalan ke UMKM di Surabaya atau Jawa Timur, dan membuka peluang kerja sama di masing-masing sektor," katanya.

Sebelumnya, dalam acara penandatanganan kesepakatan antara kedua belah pihak, Kadin Surabaya berharap akan ada peningkatan hubungan di masing-masing anggota, sehingga bisa menciptakan iklim investasi yang bagus.

Jamhadi menilai, Inggris merupakan negara yang mempunyai nilai investasi tinggi di Jawa Timur, dan masuk dalam peringkat empat besar setelah Singapura dan Korea, serta merupakan negara dengan Penanaman Modal Asing terbesar di Jatim.

"Oleh karena itu kerja sama dengan Britcham diharapkan mampu mendorong iklim investasi, sebab mereka (Britcham) juga mempunyai banyak jaringan di negara-negara ASEAN serta Eropa," ucapnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: