Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekonomi Global Loyo, Omzet UMKM Diperkirakan Turun 15%

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM mendorong agar bunga kredit usaha rakyat (KUR) bisa turun lagi menjadi 9% dari sebelumnya 12%. Pertimbangannya adalah 56,7 juta unit usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Indonesia dipercaya akan mampu menjadi penopang perekonomian nasional di tengah kelesuan ekonomi global.

Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM Braman Setyo mengatakan perlambatan ekonomi global yang dipicu oleh akan dinaikkannya tingkat suku bunga The Fed mendorong berbagai negara dunia melakukan berbagai kebijakan bersifat moneter dan fiskal.

"Kemenkop UKM sendiri sejauh ini tengah melakukan pemantauan pengaruh pelemahan rupiah terhadap pelaku UMKM. Diperkirakan, rata-rata UMKM yang menggunakan bahan baku impor omzetnya menurun hingga 15%," ujarnya di Surabaya, Kamis (3/9/2015).

Braman menjelaskan luasnya akses permodalan sektor UMKM diharapkan sektor ini mampu bertahan dan bisa berdaya saing apalagi menghadapi pasar bebas ASEAN di akhir tahun ini.

"Penyaluran KUR cukup cepat dan kami sudah amanahkan tiga bank, yakni BRI, BNI, dan Mandiri untuk bisa menyalurkan KUR ke sektor UMKM," jelas Braman yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Perum Jamkrindo ini.

Meski begitu, selain penyaluran KUR oleh tiga bank, Braman mengungkapkan UMKM juga butuh back up akses permodalan dengan cara penjaminan.

"Harus diingat, 40% masalah UMKM adalah permodalan dan Perum Jamkrindo dan Asippindo kami butuhkan untuk memberikan penjaminan kepada UMKM," imbuhnya.

Sejauh ini, per 3 September 2015 dana KUR yang sudah tersalurkan ke masyarakat mencapai Rp 450 miliar semenjak diluncurkan pada 18 Agustus lalu. Total target Rp30 triliun dana KUR harus sudah bisa terserap.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: