Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Jokowi: Produktivitas Beras Meningkat

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta- Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba kembali di Jakarta, Sabtu malam usai melakukan kunjungan kerja di Jawa Tengah. Presiden Joko Widodo dan rombongan bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Adi Sumarmo Solo dan tiba di Lanud Halim Perdanakusumah Jakarta sekitar pukul 21.00 WIB.

Tampak ikut dalam rombongan tersebut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Mengenai kunjungan kerja ke Sukoharjo, Jawa Tengah, Presiden Jokowi mengatakan dirinya ingin memastikan produktivitas padi meningkat karena adanya varietas baru dan penggunaan pupuk mikrobia.

"Kalau sudah benar-benar terbukti, Mentan kita beri sinyal untuk mengembangkan ini mungkin tidak jutaan, mungkin 100.000 hektare, kalau sudah benar baru jutaan hektare," kata Presiden.

Ia mengatakan pemerintah tidak mau tergesa-gesa yang jelas intinya. memastikan produksi bisa meningkat.

"Jadi tujuan ke sini bukan untuk panen raya," katanya.

Mengenai upaya yang terkonsentrasi di Jawa, Presiden mengaku memang kekuatan produksi ada di Jateng, Jatim dan Jabar, tapi sekarang ada juga yang besar di Sulawesi dan Aceh.

"Nanti kalau waduk dan irigasi di Aceh Barat itu selesai, bisa jadi lumbung padi. Demikian juga di NTT kalau tujuh waduk selesai bisa jadi sumber produksi baru," katanya.

Mengenai ketersediaan beras, Presiden mengatakan sampai Desember 2015 diperkirakan masih cukup. "Kan saya kemarin ke Bulog ada 1,7 juta ton, itu kan cukup," katanya.

Presiden menyebutkan dari jumlah itu setiap bulan digunakan untuk rastra sebesar 220.000 ton.

"Itung saja masih cukup tidak, kalau (untuk memenuhi kebutuhan) tiga bulan dari Oktober ini," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: