Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

XL Tambah Pemancar 3G di Aceh

Warta Ekonomi -

WE Onlinr, Jakarta- PT XL Axiata Tbk (XL) menambah jumlah radio pemancar (base station receiver/BTS) telekomunikasi berbasis 3G di Pulau Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam, di Sinabang, Kabupaten Simelule, Nanggroe Aceh Darussalam. Penambahan infrastruktur telekomunikasi tersebut diresmikan oleh Menkominfo Rudiantara yang disaksikan Presiden Direktur XL Axiata, di Mako Lanal Simeulue, Pulau Simeulue, Kabupaten Simeulue, Nangroe Aceh Darussalam, Sabtu.

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini, Bupati Simeulue Riswan NS, dan Komandan Pangkalan TNI AL Letkol Laut Elfanda. Presiden Direktur XL Dian Siswarini mengatakan, XL terus memperbesar kontribusi bagi masyarakat melalui layanan telekomunikasi dan layanan digital dengan mengoperasikan infrastruktur di daerah terpencil dan perbatasan, termasuk pulau-pulau terluar.

"XL sudah melayani warga Simeulue sejak September 2008. Sekarang kapasitas layanan ditingkatkan untuk dapat mengakses data dan internet. Selain membantu masyarakat mengakses informasi, juga akan bisa mendukung promosi daerah," tegas Dian.

Penambahan BTS infrastruktur telekomunikasi XL di Simeulue ini juga sekaligus membantu pangkalan TNI AL di wilayah itu yang menjaga wilayah kedaulatan NKRI. Pulau Terluar Sementara itu, Menkominfo Rudiantara menyambut baik upaya XL untuk terus mengembangkan dan memperluas layanan di wilayah NAD khususnya di Pulau Simeulue.

"Langkah XL ini sangat membantu Pemerintah dalam program perluasan jaringan teknologi informasi dan komunikasi di seluruh Tanah Air," ujar Rudiantara.

Ia menjelaskan, pengembangan infrastruktur TIK tidak lagi terpusat di Pulau Jawa, tetapi lebih mengedepankan pulau-pulau terluar, daerah perbatasan bahkan daerah terpencil. Menurut catatan, Pulau Simeulue berpenduduk sekitar 90.000 jiwa memiliki sejumlah potensi besar, antara lain di bidang pariwisata, berupa ombak bagus yang cocok untuk olahraga selancar (surfing). Selain itu, pulau ini juga memiliki potensi besar di bidang perikanan, salah satunya dalam budidaya udang lobster, pada perkebunan, warga secara turun-temurun antara lain menanam cengkeh.

Pada kesempatan itu, XL juga mempresentasikan layanan digital "Pantau Laut", layanan terintegrasi berbasis telekomunikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi keberadaan kapal asing yang berada di dalam wilayah perairan Indonesia. Selain Simeulue, XL juga telah melayani masyarakat di pulau-pulau terluar seperti Pulau Weh, Sabang (Aceh), Nias (Sumut), Kepulauan Natuna dan sejumlah pulau yang berbatasan dengan parairan Singapura dan Malaysia (Kepri), Sebatik (Kaltara), serta Biak (Papua). Sementara di perbatasan darat dengan negara tetangga, layanan XL juga ada di Entikong (Kalbar), Jayapura dan Merauke (Papua). Sejauh ini, XL telah memiliki total BTS kurang lebih 54 ribu, dimana 16 ribu di antaranya 3G. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: