Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKP Jangan Hanya Urus Perikanan Semata

Warta Ekonomi -

WE Online, Depok - Guru Besar Universitas Indonesia Bidang Hukum Internasional Prof Melda Kamil Ariadno mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga harus gencar menindak segala bentuk kriminalitas yang berada di kelautan selain penangkapan ikan ilegal.

"KKP jangan terjebak hanya mengurus perikanan semata," kata Melda dalam pidato pengukuhannya di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Sabtu (3/10/2015).

Melda mengatakan KKP juga harus aktif dalam menindak segala bentuk kriminal yang terkait dengan kapal ikan di perairan Indonesia.

"Harus memerangi kapal penangkapan ikan ilegal yang tidak terdaftar atau yang tidak sesuai regulasi," katanya.

Selain itu juga termasuk tindakan kriminal terorganisir yang berkaitan dengan kapal penangkap ikan seperti penyelundupan orang, penyelundupan narkoba, perdagangan orang, dan juga kerja paksa.

Untuk mencegah penangkapan ikan ilegal, tidak terdaftar dan tidak sesuai regulasi, kata Melda, sebaiknya Indonesia meratifikasi beberapa dokumen Organisasi Pangan dan Agrikultur (FAO) PBB seperti 2009 Port State Measures Agreement dan 1993 Compliance Agreement.

Melda juga mengungkapkan bahwa Indonesia harus menjadi negara terdepan dalam bidang perikanan sebagai negara yang memiliki sumber daya ikan terbesar di Asia Pasifik.

"Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Sumber Daya serta Kementerian Kelautan dan Perikanan harus menjadi 'leading sector' dalam mengembangkan kerja sama di bidang kelautan," jelas Melda. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: