Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Peserta Forum Perdagangan di Mesir Antusias Cicipi Kopi Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Kairo - Forum Promosi Perdagangan International Mesir di Kairo mencicipi secara gratis kopi Indonesia yang disediakan oleh importir kopi Mesir atas kerja sama dengan KBRI Kairo.

"Para peseta forum tampak antusias mencicipi kopi Indonesia di sela acara forum yang digelar selama dua hari pada Sabtu-Minggu (3-4/10) itu," ujar Kepala Fungsi Ekonomi KBRI Kairo, Meri Binsar Simorangkir di Kairo, Sabtu (3/10/2015).

Forum tersebut diadakan oleh Asosiasi Bisnis Mesir dengan sebutan "B2B: Connect to World" yang dihadiri 50 negara mitra perdagangan utama Mesir, dan diisi dengan seminar mengenai masalah impor Mesir dalam menghadapi dampak krisis global (Import Problems in Egypt, Upcoming Global Crisis and It's impact problems in Egypt).

Ketua Otorita Pengendalian Ekspor-Impor Mesir, Allaa Abdel Karim, membuka forum tersebut yang dihadiri sekitar 700 peserta dari kalangan pejabat pemerintah, kalangan duta besar dan diplomat negara sahabat Mesir, pengusaha dan akademisi.

Misi utama "B2B: Connect to World" ini untuk mempromosikan berbagai kebijakan Mesir dalam menghadapi dampak perubahan global saat ini, terutama dalam bidang perdagangan dan investasi serta berbagi pengalaman negara-negara asing menyangkut langkah-langkah yang diambil dalam peningkatan ekonominya.

Forum juga menyediakan fasilitas pameran untuk promosi produk-produk perdagangan negara partisipan yang diundang.

KBRI Kairo dalam kesempatan pameran itu, selain mempromosikan produk kopi Indonesia yang dapat dicicipi oleh peserta selama dua hari berlangsungnya forum, juga promosi berbagai contoh produk ekspor unggulan Indonesia yang dimiliki oleh Kantor Atase Perdagangan KBRI Kairo.

Di sela Forum, pihak KBRI secara khusus menggelar "business matching" dengan para pengusaha Mesir, baik yang berminat untuk mengimpor produk Indonesia maupun investasi.

Antusiasme tinggi kalangan pengusaha Mesir terhadap Indonesia terlihat dari banyaknya pebisnis yang memberikan "inquiries" kepada pihak KBRI berbagai komoditi mulai dari industri manufaktur hingga produk makanan serta bahan mentah.

Di sisi lain, Kepala Fungsi Ekonomi KBRI Kairo, Meri Binsar Simorangkir, sebagai salah satu narasumber dalam Fortum itu, memaparkan tentang peluang kerja sama perdagangan dan investasi di Indonesia.

"Kunjungan Presiden Mesir Abdel Fattah Al Sisi ke Indonesia pada 4-5 September 2015 untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo, telah memberikan dorongan yang lebih besar bagi pebisnis kedua negara guna meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi," ujarnya.

Pertemuan kedua Kepala Negara antara lain menghasilkan pembentukan Komite Bersama Perdagangan dan Investasi (Joint Trade and Investment Comitee), paparnya, Disebutkan, nilai total perdagangan Indonesia-Mesir sebesar 1,48 miliar dolar AS pada 2014, meningkat 21 persen dibaanding tahun 2013 sebesar 1,22 miliar dolar.

Meri Binsar Simorangkir juga mengumumkan adanya dua acara penting di Indonesia menyangkut promosi perdagangan dan investai, yaitu pertama, pameran perdagangan atau Trade Expo Indonesia pada 21-25 Oktober di Jakarta.

Kedua, acara promosi perdagangan Indonesia dan Timur Tengah, "Indonesia-Middle East Update" yang akan digelar di Aceh pada 17-19 Oktober 2015. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: