Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Seru! Gerindra Bela Agus Martowardojo

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR Ahmad Muzani membela pernyataan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) jangan mencari popularitas terhadap rencana menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Yang disampaikan oleh Gubernur BI tentang niat pemerintah untuk menurunkan harga BBM di tengah situasi ekonomi yang sulit jangan untuk pencitraan, itu saya kira wajar," kata Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/10/2015).

Muzani menambahkan BI sebagai otoritas yang memegang kendali pasar valuta akan terpengaruh dengan sentimen atas naik-turunnya harga BBM. Pernyataan Agus, bagi Muzani, tidak ada tendensi atau kepentingan politis.

"BI adalah lembaga independen. BI tidak diangkat dan diberhentikan oleh presiden. BI punya otoritas untuk mengingatkan pemerintah, termasuk masalah rencana penurunan BBM karena BI berpikiran lain sehingga perlu diingatkan dan mungkin Gubernur BI punya data-data penting sehingga keputusan presiden untuk menurunkan BBM, kalau benar, harus betul-betul substantif (bukan pencitraan)," tandasnya.

Sebelumnya, dalam pernyataannya Agus Martowardojo meminta Presiden Jokowi supaya jangan mencari popularitas atas keinginannya untuk menurunkan harga BBM jenis premium.

Menurut Agus, harga BBM sudah dievaluasi pertiga bulan dan tak boleh asal diturunkan pada saat hitung-hitungannya masih belum jelas. Baginya, kalaupun BBM diturunkan maka sebaiknya tak demi mencari popularitas.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: