Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wah, Banyak Orang Belum Bisa Bedakan Batik Printing dan Batik Tulis

Warta Ekonomi -

WE Online, Yogyakarta - Ketua Umum Paguyuban Pecinta Batik Indonesia "Sekar Jagad", Larasati Suliantoro Sulaiman menilai masyarakat masih membutuhkan edukasi dari pemerintah untuk membedakan batik asli dan printing.

"Sampai sekarang masih banyak yang belum bisa membedakan mana yang batik printing mana yang batik tulis, atau cap," kata Larasati di Yogyakarta, Selasa (6/10/2015).

Padahal, menurut dia, kehadiran batik printing yang kebanyakan impor dari Tiongkok itu sejak dahulu telah merusak pasar batik asli baik tulis, maupun cap dengan harga yang jauh lebih rendah.

"Karena harganya murah banyak masyarakat yang senang, padahal itu bukan batik, melainkan tekstil bermotif batik," kata dia.

Ia mengakui, meski kualitasnya rendah namun batik printing masih akan menjadi tantangan besar para pengrajin batik nasional menghadapi era pasar bebas ASEAN. "Meski secara kualitas tidak bisa disejajarkan, namun sudah terlanjur ekspansif di pasaran batik Indonesia," kata dia.

Oleh sebab itu, ia berharap masing-masing pemerintah daerah dapat memberikan sarana sosialisasi atau edukasi agar masyarakat yang masih awam mengenai batik, tidak terjerumus membeli tekstil bermotif batik. Apalagi dengan berupaya mengetahui keaslian batik, menurut dia, masyarakat telah menghargai seni dan proses pembuatan batik nasional yang rumit.

"Batik itu kan sarat etika, serta makna dalam setiap karyanya yang jauh berbeda dengan batik printing," kata dia.

Kepala Seksi Konsultasi balai Besar Kerajinan dan batik (BBKB) Kementerian Perindustrian di Yogyakarta, bachtiar Totosantosa mengatakan telah berulang kali menyelenggarakan sosialisasi kepada masyarakat mengenai cara membedakan batik asli atau printing.

Namun ia menyadari bahwa masih banyak masyarakat yang belum betul-betul memahami bagaimana membedakannya. "Ada yang sudah tahu tapi cenderung lalai karena lebih mementingkan persoalan harga," kata dia.

Menurut Bachtiar, secara umum masyarakat dapat mengetahui keaslian batik dengan mengetahui adanya logo "batik mark" atau label penjamin mutu dan keaslian batik yang tertempel di kain. "Sayangnya memang masih banyak pengrajin yang belum menggunakan "batik mark"," kata dia.

Selain itu, indikasi keaslian batik juga dapat dilihatmelalui tekstur kain. Batik printing cenderung memiliki tekstur kain yang kaku, sementara batik asli jika kainnya dipegang terasa lebih lembut. "Harganya juga cenderung lebih mahal, sementara printing lebih murah," kata dia. (Ant)

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: