Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Karyawan Jalan Tol Ancam Mogok Kerja Tolak Anak Perusahaan JLO

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Serikat Karyawan PT Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (SKJLJ) mengancam akan mogok kerja untuk menolak pembentukan anak perusahaan baru PT Jasa Marga, yaitu PT Jasa Layanan Operasi (JLO) karena dinilai dilatarbelakangi kepentingan subjektif.

"PT JLO akan mengambil alih sebagian ruas jalan tol Pondok Pinang-Kampung Rambutan-Rorotan yang selama ini dikelola PT JLJ. PT JLO juga akan mengambil sebagian pekerja kontrak PT JLJ," kata Mirah Sumirat melalui siaran pers diterima di Jakarta, Selasa (6/10/2015).

Mirah yang juga Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia, federasi yang membawahi SKJLJ, mengatakan PT JLO akan mengambil alih 3.000 pekerja kontrak PT JLJ.

Padahal, pada 13 Juni 2014 telah ada kesepakatan antara Direktur SDM dan Umum PT Jasa Marga dengan Direktur Utama PT JLJ, yang intinya akan mengangkat seluruh pekerja kontrak di PT JLJ menjadi pekerja tetap.

"Seharusnya, pada November 2015 sebanyak 3.000 pekerja kontrak itu diangkat menjadi pekerja tetap di PT JLJ dan mendapat kesejahteraan sebagaimana diatur dalam perjanjian kerja bersama," tuturnya.

Mirah mengatakan kesejahteraan berupa gaji, tunjangan dan bonus itu tidak akan diterima pekerja bila dialihkan ke PT JLO, apalagi bila dengan status pekerja kontrak.

"Para pekerja telah siap melakukan aksi unjuk rasa maupun mogok kerja apabila PT Jasa Marga tetap memaksakan pengalihan pekerja tersebut. PT Jasa Marga dan PT JLJ telah melakukan wanprestasi atas janji dan kesepakatan yang dibuat terkait pengangkatan pekerja tetap di PT JLJ," katanya.

Selain permasalahan pekerja kontrak tersebut, Mirah menilai pembentukan PT JLO juga sarat kepentingan subjektif. PT JLO akan mengambil alih ruas Kampung Rambutan-Rorotan yang selama ini dikelola PT JLJ mulai dari Pondok Pinang.

Menurut Mirah, pengambilalihan itu tidak memiliki urgansi karena PT JLJ sebagai anak perusahaan PT Jasa Marga selama ini sudah mengelola ruas jalan tol Pondok Pinang-Kampung Rambutan-Rorotan dengan baik dan memberikan keuntungan yang maksimal kepada PT Jasa Marga.

"PT JLJ telah memberikan keuntungan kepada PT Jasa Marga sebesar Rp1,602 triliun pada 2012, Rp1,336 Triliun pada 2013 dan Rp1,402 Trilyun pada 2014," katanya.

Terkait sikap SKJLJ tersebut, Sekretaris Jenderal Aspek Indonesia Sabda Pranawa Djati menyatakan kesiapannya untuk mengadvokasi.

"Ada indikasi pembentukan anak perusahaan baru itu karena PT Jasa Marga ingin lari dari tanggung jawab untuk mengangkat 3.000 pekerja kontrak di PT JLJ yang sebelumnya merupakan pekerja alih daya di PT Jasa Marga," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: