Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rupiah Menguat, Kadin: Dampak Paket Ekonomi Mulai Terlihat

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kalangan pengusaha menyambut baik penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto menilai salah satu faktor yang mendorong penguatan rupiah adalah paket-paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Sepeti diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berangsur-angsur menguat. Kemarin rupiah diperdagangkan di level Rp 14.200 per dolar AS, lebih baik dari hari sebelumnya yang berada di posisi Rp 14.503 per dolar AS.

"Saya kira bisa saja dari itu (paket ekonomi). Semua langkah-langkah kebijakan paket ekonomi memberikan dampak kemudahan untuk dunia usaha," kata Suryo saat dijumpai dalam pembukaan pameran Indonesia Transport, Supply Chain & Logistic di JiExpo, Kemayoran, Rabu (7/10/2015).

Suryo pun berharap penguatan rupiah dapat berlangsung lama. Ia mengatakan bahwa yang terpenting dari faktor penguatan rupiah adalah kepercayaan.

"Yang penting dari penguatan rupiah itu adalah faktor kepercayaan. Faktor kepercayaan ini dibantu oleh paket-paket kebijakan," tambahnya.

Selain faktor kepercayaan, pemerintah didorong untuk menjaga kecukupan devisanya dalam membantu penguatan pada rupiah.

"Jadi, kalau kita hanya mengharapkan dari Bank Indonesia (BI) saja masih kurang. Diharapkan, pendapatan atau income dari ekspor harus masuk ke Indonesia untuk membantu cadangan devisa kita. Ini yang harus diimbau pengusaha-pengusaha eksportir kita jangan parkir uangnya di luar negeri," ujarnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: