Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

INSA: Penguatan Dolar Naikkan Ongkos Operasional

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Indonesian National Shipowners Association (INSA) Kota Semarang menyatakan penguatan dolar Amerika Serikat (AS) berdampak pada kenaikan ongkos operasional kapal pengangkut barang.

"Penguatan dolar AS ini tentu ada pengaruhnya, sekarang tarif tambat, labuh, bongkar muat kontainer itu menggunakan rupiah, tetapi kan awal mulanya dolar," kata Ketua INSA Kota Semarang M. Ridwan di Semarang, Rabu (7/10/2015).

Sebagai contoh, jika saat menggunakan dolar AS tarifnya sekitar 95 dolar, saat ini pembayarannya harus menggunakan rupiah yang tentunya menjadi lebih besar.

"Kalau dulu beli dengan rupiah yang awalnya di kisaran Rp12 ribu/dolar AS sekarang menjadi Rp14 ribu/dolar AS, jadi kan berpengaruh itu. Akibat naiknya dolar berarti kami harus membeli rupiah lebih banyak," katanya.

Jika dilihat dari volume pengangkutan, diakuinya sejauh ini tidak ada penurunan signifikan. "Permintaan dari negara-negara tujuan ekspor Jawa Tengah, di antaranya ke Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, Korea, dan beberapa negara di Eropa masih stagnan," katanya.

Untuk komoditas yang masih stabil permintaannya adalah tekstil dan produk tekstil, sedangkan untuk furnitur sedikit mengalami penurunan, khususnya permintaan dari Amerika Serikat.

"Jika dilihat kan produk furnitur ini bisa ditunda, sedangkan untuk tekstil adalah kebutuhan sehari-hari jadi konsumsinya tetap besar," katanya.

Dari sisi impor, sejauh ini komoditas kapas masih menjadi yang terbesar. Beberapa negara pengirim kapas. di antaranya India, Pakistan, Amerika Serikat, dan Australia. "Ada juga impor mesin-mesin pabrik, untuk mesin ini kebanyakan dari Tiongkok," katanya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: