Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wow, Perusahaan Internasional Ini Tertarik Bangun Pabrik Smelter Alumina Bersama Antam

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Perusahaan pelat merah, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) menyatakan saat ini masih mencari partner dalam menjalankan proyek pembangunan pabrik pengelolaan bauksit menjadi smelter grade alumina (SGA) yang dilakukan bersama dengan PT Inalum (Persero).

Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk, Teddy Badrujaman mengatakan bahwa sudah ada beberapa perusahaan asing yang berminat untuk ikuti tender dalam mendirikan usaha patungan atau Join Venture (JV) dalam proyek SGA di Menpawah, Kalimantan Barat.

"Partner Menpawah belum ada, saat ini masih proses tender ada perusahaan dari Rusia Timur Tengah dan China. Kami harap mereka tepat waktu untuk masukan proposal," ujarnya, di Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Ia menjelaskan, pihaknya bersama Inalum akan mencari partner strategic untuk memulai proyek SGA. Nantinya, Antam dan Inalum akan menjadi pemegang saham mayoritas dalam proyek tersebut. Teddy menargetkan, partner untuk menjalankan proyek SGA tersebut sudah diperoleh bulan ini.

"Pertenghan oktober ini batas waktu penyerahan formulir. Komposisinya kami dengan Inalum adalah mayoritas. Kita akan buat JV atau alliance untuk berpartner dengan strategic partner tersebut. Partnernya harus yang punya teknologi. Kami ahli dalam penyedian bahan baku bauksit, inalum ahli dalam penyediaan alumina yang sudah dilebur. Jadi partner kami harus punya teknologi yang tinggi," tukasnya.

Seperti diketahui, Antam menggandeng Inalum untuk membangun SGA dengan investasi sebesar US$ 1,7 miliar. Nantinya, pabrik yang diprediksi selesai di tahun 2019 ini akan memiliki kapasitas sebesar 1,7-2,0 juta ton SGA per tahun.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: