Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BNPB Terima Bantuan dari Luar Negeri Atasi Kabut Asap

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan Indonesia siap menerima bantuan dari luar negeri untuk mengatasi bencana asap di Sumatera dan Kalimantan.

"Presiden (Joko Widodo,red)sudah menyatakan bahwa Indonesia membuka bantuan dari luar negeri," kata Kapusdatin Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Sutopo Purwo Nugroho menambahkan, bantuan dari luar negeri diharapkan dapat mempercepat pemadaman api dan asap. "Bantuan yang diharapkan adalah pesawat 'water bombing' yang memiliki kapasitas besar, yang mampu mengangkut air lebih dari 10 ton," katanya.

Bantuan internasional tersebut, kata dia, nantinya akan bergabung dengan personil dari Indonesia, baik untuk operasi darat dan udara.

"Komando tetap ditangan Pemerintah Indonesia," katanya.

Bantuan internasional, tambah dia, akan difokuskan di Sumatera Selatan, khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin. Untuk itu, tambah dia, akan dilakukan rapat koordinasi di Kantor Menko Polhukam untuk membahas secara rincian jenis bantuan, mekanisme dan hal-hal lain.

"Tentu saja bantuan yang diharapkan adalah bantuan yang sifatnya filling the gap(memenuhi kekurangan,red) dari kebutuhan yang ada," katanya.

Indonesia, kata dia, telah mengerahkan 25 pesawat dan helikopter untuk water bombing dan hujan buatan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: