Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ketua DPD: Negara ASEAN Perlu Ketahui Potensi Daerah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengatakan negara-negara anggota ASEAN perlu banyak mengetahui tentang potensi-potensi di berbagai daerah di Indonesia dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

"Khususnya untuk pasar global, baik dalam produk, jasa, potensi investasi, pariwisata, dan lainnya," kata Irman setelah menghadiri acara "ASEAN Marketing Summit 2015" di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Menurut Irman, Indonesia juga memiliki pekerjaan rumah yang besar dalam hal meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan merumuskan strategi merek nasional untuk melayani tujuan ke negara-negara lainnya.

"Oleh karena itu, pengalaman dan praktek pemasaran dari negara-negara ASEAN yang dibahas dalam pertemuan puncak ini sangat membantu Indonesia dalam menghadapi MEA," tuturnya.

Ia juga berharap pertemuan puncak ini akan menghasilkan rencana tindak lanjut untuk diambil manfaatnya oleh semua negara yang terwakili di sini, dan juga semua perusahaan yang ambil bagian dalam pertemuan puncak ini bisa menjadi model untuk pemasaran yang produktif dan visioner di negaranya masing-masing.

Dalam acara tersebut, Irman Gusman meraih "Honorary Country Marketing Award" yang dianugerahkan oleh Philip Kotler Center for Asean Marketing (PKCAM) dalam acara ASEAN Marketing Summit 2015.

Philip Kotler adalah profesor pemasaran internasional dari Sekolah Manajemen Kellpog Universitas Northwestern, Amerika Serikat.

"30 tahun yang lalu, ketika saya masih seorang mahasiswa, ketika mengejar gelar MBA di sebuah universitas di Amerika, saya membaca buku Profesor Kotler," ucapnya.

Irman menyatakan bahwa dirinya sangat kecanduan dengan ide-ide dari Profesor Kotler, termasuk yang terkandung dalam buku berjudul "The Principles of Marketing" antara lain menyebarluaskan pentingnya diferensiasi, posisi, dan merek.

Ia juga menambahkan penghargaan ini merupakan tantangan besar untuk melalukan yang lebih baik lagi dalam memasarkan potensi daerah-daerah di Indonesia ke komunitas global.

Sementara itu, Philip Kotler Center menyatakan bahwa penghargaan yang diberikan kepada Ketua DPD Irman Gusman karena beliau telah terpilih menjadi Ketua DPD sebanyak dua kali.

Dalam masa kepemimpinannya, ia telah sukses membesarkan nama DPD, sekaligus memperjuangkan aspirasi dan kepentingan daerah.

Dengan otonomi daerah yang semakin baik, maka dapat mempercepat kemajuan daerah di mana akan mewujudkan Indonesia yang maju dan kuat dalam satu "National Branding" yang merupakan landasan memasuki MEA.

Selain itu, Irman juga merupakan satu-satunya ketua dari lembaga tinggi negara yang memiliki gelar Master of Business Administration dengan konsentrasi pemasaran dari University of Bridgeport, Connecticut, Amerika Serikat. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: