Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Senator Asal Riau: Pemerintah Mesti Gencar Sosialisasikan Bahaya Karhutla

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online Pemerintah mesti terus mensosialisasikan bahaya membakar lahan pada masyarakat. Sosialisasi tersebut tentunya harus berujung pada pelibatan masyarakat dalam mencegah kebakaran.

"Kalau rakyat sekitar sudah jadi mitra dan mesra maka rakyat akan lindungi. Dia kalau sesuai aturan, maka akan nyaman. Maka pemerintah tidak perlu lagi memikirkan soal asap," kata anggota DPD dari Riau, Abdul Gafar Usman di dalam diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (10/10/2015).

Bila masyarakat memiliki perasaan peduli dengan lingkungan di sekitarnya, maka tak akan berbuat merusak. Namun, jika tak ada kepedulian, maka akan cuek.

"Kalau orang tidak merasa memiliki, dia tidak berbuat (melindungi), Harus ada perbaikan undang-undang. Pemerintah juga harus aktif dalam sosialisasi hal ini," tuturnya.

Ditambahkan Abdul karena masyarakat memiliki karakter latar belakang yang berbeda. Sementara, regulasi yang ada sekarang diyakini belum dipahami rakyat. Begitu pun pemerintah bila ada regulasi yang belum dipahami maka harus aktif melakukan sosialisasi.

"Sekarang rakyat bodoh pun harus dilatih kalau ada regulasi yang tidak baik perlu diperbaiki. Kami, DPD Riau langsung empat-empatnya turun untuk melihat apa yang dirasa rakyat, gubernur, dan konstituen terkait. Asap ini punya semua pengaruh aspek dimensi sosial, ekonomi, politik," tuturnya.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Febri Kurnia

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: