Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IMF Serukan Negara-negara Kurangi Subsidi Energi

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online Lembaga Keuangan Intenasional, IMF mendesak negara-negara untuk mengurangi subsidi sektor energi dalam beberapa tahun ke depan. Hal tersebu diperlukan guna membantu mengatasi perubahan iklim.

Christine Lagarde, Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF), mengungkapkan subsidi energi di seluruh dunia saat ini mencapai US$5,3 triliun atau 6,5% dari produk domestik bruto  pada tahun ini.

“Agar hal itu bisa berjalan  dengan baik, kita butuh menetapkan harga yang tepat.  Sekarang waktu yang pas untuk mengurangi subsidi karena harga energi sedang murah,” katanya di Lima, Peru Jumat (9/10/2015).

Perubahan iklim dituding sebagai penyebab utama bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini seperti musim kering berkepanjangan di sejumlah negara dan banjir. Perubahan iklim yang diakibatkan efek negatif dari aktivitas manusia  dikhawatirkan mengganggu pengentasan kemiskinan dan menyebabkan masa depan yang kurang cerah bagi generasi penerus.

Hal ini mendorong pembentukan Vulnerable Twenty (V20) yang mewakili sekitar 700 juta orang dari 20 negara.  Grup baru tersebut berupaya menggali pemanfaatan pendanaan publik  dan swasta untuk aksi iklim di dunia yang akan diselenggarakan di Paris. 

Grup V20 yang saat ini dipimpin Filipina ini dibentuk untuk berbagi pengalaman dan meningkatkan pendekatan yang baru untuk mendukung pembiayaan iklim.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Febri Kurnia

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: