Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

21 Express Luncurkan Web API dan Mobile APP

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Penyedia jasa pengiriman 21 Express semakin serius menggarap pasar e-commerce. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengembangkan web application programming interface (API), sebuah portal yang dapat dipergunakan untuk mengetahui status pengiriman barang. Hebatnya lagi aplikasi tersebut juga telah didukung di Mobile APP.

Portal tersebut telah aktif sejak sekitar satu bulan terakhir, namun oleh pihak 21 Express baru diperkenalkan secara resmi di ajang pameran industri distribusi supply chain and warehouse di JIExpo, Jakarta. Dengan program baru tersebut, 21 Express menyatakan semakin percaya diri untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan.

Managing Director 21 Express Fanywati Wiyadi mengatakan web API dan mobile APP sangat memudahkan pelanggan terutama e-commerce untuk mengetahui status pengiriman secara realtime.

Dijelaskan saat melakukan pengiriman, setelah barang diterima oleh petugas akan segera dapat dicek di web atau mobile dengan memasukkan kode pengiriman. Demikian juga setelah barang sampai ke penerima akan ada status telah sampai. Status tersebut akan berubah secara otomatis. 

"Sangat mengefisienkan waktu dan tenaga sehingga sangat memudahkan dan mengurangi pekerjaan manual pelaku e-commerce atau marketplace," jelasnya.

Selain status pengiriman, dalam portal dan mobile APP pengirim juga dapat melakukan pengecekan tarif pengiriman. Dengan demikian, pengirim maupun penerima barang dapat sama-sama mengetahui biaya pengiriman yang sebenarnya.

"Dengan sistem ini pelanggan dapat mengecek biaya pengiriman barang tanpa harus menanyakan ke pengirim," katanya.

Menurut Fany lagi, di pasar e-commerce, saat ini 21 Express telah bekerjasama dengan blibli.com. Ke depan pihaknya akan menggandeng e-commerce dan marketplace lain. Selain itu, pihaknya juga ingin menyasar pelaku UKM di dunia e-commerce.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: