Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

UMKM Diimbau Manfaatkan Teknologi Tepat Guna

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Kamar dagang dan industri (Kadin) Jawa Tengah mengimbau pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi tepat guna.

"Teknologi tepat guna ini seharusnya diterapkan dari awal produksi hingga ke titik jual produk," kata Komite Tetap Pengembangan Teknologi Tepat Guna UKM Kadin Jateng Yosi Yonardo di Semarang, Senin (12/10/2015).

Salah satu teknologi tepat guna adalah menggunakan alat produksi yang lebih efisien. Meski demikian, mengenai pengadaan alat produksi tersebut merupakan kewenangan masing-masing pelaku UMKM.

"Dalam hal ini kadin tidak bisa masuk ke satu per satu dapur UMKM, di sini kami hanya mengimbau para pelaku UMKM dapat menggunakan alat produksi yang tepat agar biaya produksi dapat lebih ditekan," katanya.

Menurut dia, jika alat produksi yang digunakan masih terlalu sederhana dapat menyulitkan pelaku UMKM jika suatu saat mereka mendapatkan banyak pesanan. "Kalau permintaan banyak mereka bisa kewalahan, dengan demikian ini juga mengurangi citra UMKM tersebut di mata pembeli," katanya.

Sementara itu mengenai pembiayaan, Kadin memberikan fasilitas berupa akses seluas-luasnya kepada UMKM untuk memperoleh pembiayaan dari lembaga keuangan.

"Kami membuka akses dari produsen ke bank, selain itu kami juga berupaya melakukan pendekatan ke pihak perbankan agar memberikan keringanan berupa pengurangan besaran bunga kredit kepada pelaku UMKM," katanya.

Selain itu, Kadin juga aktif memberikan informasi terkait alat produksi yang sekiranya dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM.

"Dari kunjungan-kunjungan baik ke luar provinsi maupun ke luar negeri kami juga mencari informasi, alat apa yang dapat digunakan dalam hal ini harus lebih efisien dari segi waktu dan ongkos produksi," katanya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: