Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Duh, Rakyat di Daerah Belum Tahu Soal Paket Kebijakan

Warta Ekonomi -

WE Online, Langsa, Aceh - LSM Komunitas Rumoh Aceh menilai implementasi kebijakan paket ekonomi jilid I-III yang ditetapkan pemerintah pusat belum menyentuh rakyat di daerah, sehingga perlu sosialisasi yang lebih masif lagi.

Manager Program dan Litbang Komunitas Rumoh Aceh, Sukma M Thaher di Langsa, Selasa (13/10/2015) mengatakan, implementasi dari kebijakan tersebut belum dirasakan rakyat di daerah, bahkan masyarakat banyak yang tidak tahu apa yang dimaksud paket-paket kebijakan ekonomi itu.

Menurut amatan Sukma, sejauh ini belum ada sosialisasi paket kebijakan ekonomi kepada pemerintah daerah dan masyarakat luas. Bahkan, sambung dia, rumusan turunan dari paket kebijakan ekonomi nasional juga belum ada yang dapat diakselerasi di daerah guna menggenjot laju pertumbuhan ekonomi di daerah yang bakal berkonstribusi terhadap ekonomi nasional.

Turunan paket kebijakan tersebut, kata Sukma, misalnya mengenai deregulasi perizinan atau percepatan investasi. Apabila tidak dibarengi dengan sinkronisasi implementasi di tingkat daerah, maka paket kebijakan tersebut juga tak berarti.

"Harus jelas rumusannya, paket kebijakan seperti peraturan mana yang dipangkas. Rumusan itu harus gamblang," ujar Sukma.

Terkait turunnya harga BBM seperti solar, Sukma menilai belum menyentuh akar rumput, karena pemakaian solar lebih besar kepada pelaku industri saja. Demikian pula dengan turunnya tarif listrik, kata dia, seharusnya pelayanan yang ditingkatkan, karena bila listrik padam sering tak cukup arus juga bermasalah bagi masyarakat terutama mereka yang bergerak di bidang home industri.

Karena itu, Sukma berharap agar pemerintah pusat dapat menjabarkan secara gamblang turunan paket kebijakan ekonomi agar sesuai dengan daerah dan perlu segera disosialisasikan secara masif agar implementasinya bisa segera dirasakan dan menyentuh geliat ekonomi rakyat. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: