Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jonan Janji Datangkan Investor ke Sabang

Warta Ekonomi -

WE Online, Banda Aceh - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan berjanji akan mendatangkan investor di bidang kepelabuhan mengingat fasilitas yang dimiliki Badan Pengelolaan Kawasan Sabang (BPKS) sangat memadai untuk memajukan sektor kemaritiman di kepulauan tersebut.

Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal saat dihubungi di Sabang, Selasa (13/10/2015) menyatakan, saat berkunjung ke Sabang, Kamis (8/10/2015), Menteri Jonan sudah melihat dari dekat fasilitas yang ada di daerah ini dan berjanji akan mendatangkan investor untuk meningkatkan ekonomi daerah.

Fasilitas yang dilihat Menhub adalah Container Terminal (CT) 3 yang berada di Kuta Timur, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Fasilitas lain ang dimiliki BPKS CT 1.

Menurut penilaian Jonan, Pelabuhan Sabang memiliki potensi besar dan merupakan pelabuhan alam alami, karena secara operasional tidak banyak yang harus dikeluarkan, seperti Pelabuhan Sabang tidak memiliki sedimentasi/pendangkalan, sehingga tidak memerlukan kapal keruk.

Iwan menyatakan, dengan fasilitas yang dimiliki oleh BPKS, maka Pemko Sabang siap untuk menampung investor ke daerah tersebut. "Dari segi fasilitas pelabuhan, kita siap menerima investor di Sabang," ujar dia.

Irwan menjelaskan, secara geografis pelabuhan Sabang berada pada titik kordinat: 05 - 53 LU / 095 - 19.00 BT, dengan kedalam laut yakni 10 meter sampai 53 meter. Alur pelayaran yang dimiliki pelabuhan Sabang pun cukup memadai yakni dengan panjang 1.400 meter, lebar 800 meter dan area kolam pelabuhan memiliki luas yakni 177 hektare.

Sedangkan fasilitas pelabuhan, Irwan menyebutkan untuk CT 1 memiliki dua dermaga yakni dermaga I memiliki panjang 170 meter dan lebar 41 meter dengan kedalaman 15 meter. Untuk dermaga II panjang 32 meter dan lebar 9,5 meter dengan kedalaman yang sama yakni 15 meter.

"Fasilitas pendukung lainya di CT 1 yakni lapangan penumpukan dengan luas 10.850 meter dan gudang dengan luas 3.150 meter," kata Irwan.

Lebih lanjut dikatakan, untuk fasilitas di CT 3 memiliki panjang dermaga yakni 423 meter dan lebar 70 meter dengan kedalaman 23 meter. Juga memiliki lapangan penumpukan yang lebih besar dari CT 1. Dukungan alat-alat kerja, BPKS memiliki Reack Stacer Container (25 ton), Forklip (5 dan 7 ton) dan Crain kapasitas 50 ton.

Dengan fasilitas yang telah dimiliki, BPKS berharap kepada Menteri Jonan dapat segera merealisasikan agar tumbuhnya sebuah investasi di bidang kepalabuhanan, sebagaimana yang diharapkan masyarakat Sabang. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: