Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ego Sektoral Hambat Wujudkan Kedaulatan Pangan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Anggota Komisi IV DPR Andi Akmal Pasluddin mengatakan presiden harus berperan sebagai jenderal pangan untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Politik pangan yang diperankan presiden akan mampu mengintegrasikan bukan hanya lembaga pemerintah pusat saja, tetapi diharapkan dapat menyinergikan pemerintah pusat dan daerah.

Demikian disampaikan Andi di seminar nasional bertajuk Road Map Mewujudkan Kedaulatan Pangan Indonesia yang diselenggarakan Lemhannas dan Universitas Sahid di Jakarta, Selasa (13/10/2015).

"Presiden harus mampu berperan sebagai jenderal pangan. Bila tidak ada campur tangan presiden secara total maka kebijakan antara kementerian dan lembaga terkait tidak akan sinergis," katanya.

Ia melihat ego sektoral kementerian dan lembaga terkait menjadi faktor penghambat dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Harmonisasi lembaga pemerintahan di pusat seperti Kementerian Pertanian dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Agraria, Bulog, Kemenpupera, Kementerian Kelautan Perikanan, dan Kementerian Perindustrian akan mampu mempercepat upaya pencapaian kedaulatan pangan.

"Harmonisasi antar-kementerian dan lembaga di pemerintah pusat dapat memperjelas road map menuju kedaulatan pangan Indonesia," jelasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: