Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DPR: Perkuat Budaya Pengurangan Risiko Bencana

Warta Ekonomi -

WE Online Jakarta- Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Fikri Faqih menekankan pentingnya budaya pengurangan risiko bencana. Hal ini disebabkan banyaknya potensi bencana di Indonesia.
 
“Potensi bencana di Indonesia beraneka macam, mulai dari ancaman letusan gunung api, gempa bumi, banjir, tsunami, kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap yang hingga sekarang belum teratasi dengan baik. Oleh karena itu, budaya pengurangan risiko bencana harus diperkuat,” kata Fikri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (13/10/2015).
 
Paradigma baru tentang penanggulangan bencana menitik beratkan pada pentingnya penanganan bencana secara terpadu. Berdasarkan hal itu, pada Tahun 2009 UNISDR (United Nations International Strategy for Disaster Reduction) menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai Hari Peringatan Pengurangan Risiko Bencana Internasional (International Day for Disaster Risk Reduction).
 
“Penanganan bencana tidak bisa jika hanya dilakukan oleh satu pihak saja. Perlu ada upaya dan dukungan kolektif dari semua sektor baik pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat,“ kata Fikri.
 
Peningkatan kesadaran akan pentingnya pengurangan risiko bencana secara kolektif diharapkan dapat berdampak pada terarahnya program-program penanggulangan bencana di Indonesia.
 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: