Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKP Dorong Harga Pakan Murah

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online Jakarta-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong harga pakan yang lebih murah dalam rangka meningkatkan produksi budidaya sekaligus menekan biaya produksi sehingga bisa meningkatkan keuntungan pelaku sektor perikanan di Tanah Air.
“KKP mendukung produksi pakan murah melalui gerakan pakan ikan mandiri yang memanfaatkan bahan baku lokal,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (11/10).

Dia mengungkapkan, nilai tukar mata uang rupiah yang beberapa waktu lalu sempat melemah terhadap dolar AS juga membuat harga pakan ikan cenderung mengalami kenaikan.

Saat ini, jelas Menteri Susi, rata-rata harga pakan ikan air tawar adalah Rp9.500 hingga Rp10.000 per kilogram.

“Meskipun kenaikan harga pakan diikuti dengan kenaikan harga jual ikan, tetapi hal ini belum membuat pembudidaya merasakan keuntungan yang memadai, karena 70 persen biaya produksi berasal dari pakan,” ucapnya.

Untuk itu, ia menyambut gembira inisiatif PT JAPFA dan sejumlah pabrik pakan ikan lainnya yang telah memproduksi pakan ikan murah khususnya pakan ikan air tawar, sebagaimana kesepakatan antara Menteri Kelautan dan Perikanan dengan produsen pakan.

Selanjutnya, KKP akan mendukung dan membantu sepenuhnya dengan melakukan analisa pakan agar sesuai dengan SNI dan juga sekaligus memberikan nomor pendaftaran pakan murah tersebut, tanpa dikenakan biaya atau gratis.

Sebagaimana diberitakan, sejumlah kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengeluhkan tingginya harga pakan yang dijual di pasaran daerah itu. “Mahalnya harga pakan ini membuat produksi ikan lokal di daerah ini turun, karena warga kesulitan mendapat pakan dengan harga murah,” kata seorang petani ikan Desa Pangku Raya Kecamatan Teweh Tengah, Agus Sidik di Muara Teweh, Kamis (8/10).

Harga pakan sekarang ini naik menjadi Rp330.000 isi 30 kilogram per sak, padahal sebelumnya harga pakan ini cukup murah, sehingga membuat para pembudidaya perikanan sempat bergairah, namun belakangan ini harga pakan justru melambung naik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: