Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ganjar: Jawa Tengah Kaji Penerbitan Oblgasi Daerah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyatakan saat ini  tengah mengkaji rencana untuk mencari pendanaan melalui pasar modal dengan menerbitkan surat utang atau obligasi daerah.

Menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa rencana tersebut dilaksanakan perseroan untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur di Jateng.

Dana dari hasil penerbitan obligasi akan digunakan Pemerintah Jateng untuk pembangunan infrastruktur transportasi umum dan sanitasi air di wilayah Jawa Tengah. Pihaknya menargetkan kajian tersebut akan rampung di akhir tahun ini.

"Obligasi daerah bagian yang menjadi pertimbangan pola pembiayaan. Akhir tahun pengkajiannya selesai, jadi tahun depan bisa diputuskan ‎terbitkan atau tidak. ‎Dananya nanti mencoba jangka pendeknya itu reaktivasi rel, karena dari zaman Belanda sampai sekarang yang ada itu malah berkurang. Ini nantinya bukan hanya untuk transportasi umum saja, tetapi bisa untuk pariwisata," ujar Ganjar di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Sayangnya, Ganjar belum bisa mengemukakan berapa dana yang diincar dari penerbitan obligasi daerah tersebut.

Seperti diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong pemerintah daerah untuk menerbitkan obligasi sebagai pilihan dalam mencari pendanaan jangka panjang untuk pembangunan infrastruktur masing-masing daerahnya.

Adapun beberapa daerah yang berencana bakal menerbitkan obligasi daerah yaitu provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur, namun mengenai nilainya belum dipastikan secara rinci.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: