Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sandiaga: Dorong Industrialisasi untuk Tekan Impor

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandung - Dewan Penasihat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sandiaga Uno mengharapkan organisasi pengusaha nasional itu mendorong industrialisasi untuk menekan impor produk yang sebenarnya bisa dipenuhi di dalam negeri.

"Saat ini cenderung keenakan impor produk yang sebenarnya sudah ada di dalam negeri, budaya itu harus diubah dan Kadin ke depan harus mendorong industrialisasi di dalam negeri untuk menekan impor," kata Sandiaga Uno di sela-sela Munas Kadin ke-7 di Kota Bandung, Selasa (24/11/2015).

Menurut dia, industrialisasi yang didorong secara terarah dan terukur merupakan solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan ekonomi, mulai dari pemenuhan produk kebutuhan, perdagangan, jasa bahkan penciptaan lapangan pekejaan.

Ia menyebutkan, Kadin sebagi mitra sejajar pemerintah ke depannya harus lebih berperan untuk menggerakkan perekonomian dari berbagai sisi dan potensi yang ada di dalam negeri.

"Isunya masih sama saja, meningkatkan nilai tambah dan oportunity dari kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Salah satunya dengan meningkatkan jejaring di daerah," katanya.

Kadin sebagai organisasi pelaku usaha memiliki peluang besar untuk membantu memeratakan pembangunan melalui berbagai program dan terobosannya dalam mengolah dan memanajemen potensi daerah.

"Sepakat sekali penguatan Kadin daerah masuk program prioritas Kadin Pusat ke depannya. Peranan Kadin sebagai mitra pemerintah perlu ditingkatkan lagi dan diperkuat," kata Sandiaga.

Di sisi lain, kata dia potensi besar UMKM juga perlu dirangkul melalui berbagai program dan terobosan bersinergi dengan pemerintah. UMKM merupakan kekuatan ekonomi nasional yang selama ini cukup mampu bertahan dari krisis melalui ide-ide kreatifnya.

Namun menurut dia tidak hanya sebatas bisa bertahan, tapi harus lebih sustainabel atau berkelanjutan serta berkembang menjadi usaha yang berskala yang lebih besar.

"UMKM potensial untuk dikembangkan, tentunya harus diimbangi dengan peningkatan pengetahuan usaha dan komitmen untuk bisa mengikuti kecenderungan bisnis yang di gelutinya. UMKM harus didorong memiliki jaringan bisnis dan pasar yang kuat tak hanya di dalam tapi di luar negeri," kata Sandiaga Uno. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: