Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Mandiri Fokus Biayai Sektor Perdagangan di Sulut

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Bank Mandiri fokus pada pembiayaan perdagangan dan restoran di Provinsi Sulawesi Utara karena potensi sektor itu di daerah setempat cukup besar pada 2016.

"Sektor perdagangan dan restoran di Sulut sangat besar sehingga tahun 2016 kami masih akan fokus pada sektor tersebut," kata Kepala Cabang Bank Mandiri Manado Hotman Nainggolan di Manado, Rabu (25/11/2015).

Dia mengatakan Bank Mandiri masih akan fokus ke sektor perdagangan karena masih banyak pelaku usaha yang belum mendapatkan kredit dalam mengembangkan usahanya.

"Memang hampir semua bank, pembiayaan paling besar di sektor perdagangan, namun masih ada saja yang belum mendapat sentuhan perbankan," katanya.

Oleh sebab itu, katanya, pada 2016 Bank Mandiri masih akan fokus ke sektor tersebut, tapi tetap membiayai sektor pertanian, perikanan, perkebunan, dan produktif lainnya.

Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut Peter Jacobs mengatakan dari sekian triliun pembiayaan bank di Sulut, sebagian besar yakni ke sektor perdagangan. "Sektor perdagangan memang sangat menjanjikan, namun bank jangan sampai lupa untuk memberikan pinjaman ke sektor pertanian dan sejenisnya," katanya.

Dia mengatakan bukan hanya sektor perdagangan yang menyumbang kepada pertumbuhan ekonomi tapi sektor pertanian, perikanan, listrik, gas, air, dan sejenisnya masih membutuhkan pembiayaan. "Namun perbankan tetap harus hati-hati dalam menyalurkan kredit agar tidak mengganggu kualitas pinjaman," katanya.

Oleh karena itu, kata Peter, jika non-performing loan (NPL) tinggi maka akan memengaruhi kinerja suatu bank secara keseluruhan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: