Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

ESDM: SPBU Harus Siapkan Tangki Pertalite Sendiri

Warta Ekonomi -

WE Online, Mukomuko -  Pejabat Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan empat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di daerah itu harus menyiapkan tangki tersendiri untuk tempat penimbunan bahan bakar minyak jenis pertalite.

"SPBU harus menyiapkan tangki tersendiri. SPBU tidak boleh menolak. Kalau sudah aturan, ya harus disanggupi," kata Kabid Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mukomuko Bhaktiar Sopian di Mukomuko, Rabu (25/11/2015).

Ia mengatakan saat ini ada empat di wilayahnya yakni SPBU di Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Penarik, Kecamatan Air Dikit, dan Kecamatan Ipuh. "Semuanya belum ada tangki tersendiri khusus penimbunan BBM jenis pertalite," ujarnya.

Karena pemerintah sudah mengatur bahwasanya ada konversi BBM premium ke pertalite, katanya, olehnya SPBU mulai dari sekarang harus menyiapkan tangki pertalite.

"Pertimbangannya bensin sekarang ini sudah langka sehingga alternatifnya menggunakan pertalite," ujarnya.

Namun, katanya, hingga kini kabupaten itu belum dapat surat edaran tentang penggunaan pertalite.

Tidak hanya di kabupaten itu, katanya, mayoritas wilayah di Sumatera belum dapat surat edaran tentang pertalite.

Terkait penggunaan BBM pertalite di daerah itu, menurutnya, hal tersebut termasuk konversi sehingga ada penyesuaian harga pertalite yang memiliki angka riset oktan (RON) 90 sedangkan premium memiliki RON 88.

Sementara tingkat kesanggupan warga masyarakat menggunakan pertalite, menurutnya, akan terlihat sendiri nantinya, terutama jika sudah merasakan keunggulan BBM tersebut.

Di sejumlah daerah di Provinsi Bengkulu seperti Kota Bengkulu dan Kabupaten rejanglebong saat ini telah terdapat SPBU yang menjual BBM pertalite dengan harga Rp8.300,00 per liter sedangkan premium masih dijual dengan harga Rp7.300,00 per liter. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: