Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Besok, OJK Luncurkan Buku Literasi Keuangan Tingkat SD

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana akan meluncurkan buku edukasi dan literasi keuangan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) pada besok, Jumat, (27/11/2015). Peluncuran buku ini rencananya akan dilakukan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan dilangsungkan di SD 01 Menteng Jakarta Pusat.

"Mudah-mudahan besok akan diluncurkan di SD 01 Menteng. Rencananya akan meluncurkan berbentuk buku yang akan dihadiri komisioner OJK dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Buku ini akan dikhususkan untuk anak SD kelas 4 dan kelas 5 dan isinya akan berbentuk materi soal perencanaan keuangan sejak dini," ujar Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S Soetiono di Jakarta, Kamis (26/11/2015).

Tituk sapaan akrab Kusumaningtuti menjelaskan, khususnya tingkat SD, pihaknya juga akan meluncurkan alat peraga untuk mendampingi buku tersebut. Hal ini agar materi yang disampaikan lebih menarik dan mudah dipahami.

"Nantinya akan ada permainan jadi ada alat peraga supaya anak tidak bosan. Nanti kita akan ajarkan persis seperti materi sebelumnya untuk anak SMP dan SMA," jelas Tituk.

Lebih jauh, katanya, buku ini juga akan masuk ke dalam kurikulum pendidikan sekolah tingkat SD, sehingga diharapkan seluruh pelajar SD dapat mempelajari perencanaan keuangan sejak dini.

"Ini masuk kurikulum. Kan kita sudah ada Pokja-nya bersama Kemdikud dan industri keuangan. Makanya Mendikbud nanti yang luncurkan. Kita ingin tidak hanya edukasi tapi langsung mengaplikasikan dengan produk Simpel (Simpanan Pelajar). Mereka perlu mengenal keuangan sejak dini," cetusnya.

Sebelumnya, pada Februari 2015, OJK juga telah meluncurkan buku literasi keuangan untukĀ  tingkat sekolah menengah pertama (SMP) yang berjudul Mengenal OJK dan Industri Jasa Keuangan.

Peningkatan pemahaman keuangan yang menyeluruh dianggap perlu untuk juga dilakukan kepada siswa - siswi tingkat SD, SMP dan sekolah menengah atas (SMA) dikarenakan jumlah populasinya yang mencapai 37,7 juta jiwa di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, peluncuran buku untuk tingkat pelajar tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi dan pemahaman keuangan sejak dini.

Adapun peluncuran buku literasi keuangan untuk tingkat SMA telah dilakukan OJK pada 14 Juli 2014 yang dirancang melalui materi pengayaan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: