Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Investor Asing Bidik Bisnis Pemakaman

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menerima minat investasi dari investor asing terkait penyediaan kuburan alias bisnis pemakaman. Selama ini, sudah ada beberapa perusahaan yang masuk dan mengelola investasi yang cukup unik ini, namun pelaku usaha menilai ceruk pasar masih sangat terbuka lebar.

Kini, BKPM menerima minat investasi senilai US$ 20 juta (kurang lebih Rp 270 miliar dengan kurs Rp 13.500 per dolar AS). Tanah yang telah disiapkan untuk merealisasikan investasi tersebut mencapai 75 hektar.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengakui bahwa bisnis pemakaman ini merupakan salah satu sektor yang muncul dalam pembahasan panduan investasi yang dilakukan oleh BKPM.

"Bersamaan dengan itu, salah satu investor asing yang akan bekerjasama dengan mitra lokalnya menyampaikan minatnya untuk menanamkan modalnya di dalam bidang usaha tersebut," ujarnya di Jakarta, Jumat (27/11/2015).

Franky menyampaikan bahwa dalam klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia (KBLI), bidang usaha investasi pemakaman ini masuk dalam jasa pemakaman dan kegiatan yang mencakup seperti penjualan dan penyewaan kuburan.

"Persoalan dalam bisnis pemakaman adalah belum adanya rumah yang menaungi sektor usaha tersebut. Ada beberapa kementerian yang dapat menjadi instansi pembina, namun hal ini belum diputuskan," jelasnya.

BKPM akan mulai membahas mengenai kepastian bidang usaha tersebut dalam rangkaian pembahasan mengenai panduan investasi yang akan segera dilakukan dengan Kementerian dan lembaga teknis pemerintah. "Investor tentu perlu kepastian mengenai bidang usaha yang diminati, oleh karena itu, upaya untuk menciptakan kepastian tersebut akan menjadi salah satu misi BKPM," ungkapnya.

Sektor pemakaman secara substansi memiliki dua kegiatan yang utama, yang pertama terkait jasa pemakamannya sendiri, kemudian yang juga menjadi salah satu kegiatan adalah ketersediaan lahan pemakamannya yang masuk dalam sektor properti. Minat investasi asing yang masuk dalam bisnis pemakaman ini muncul seiring dengan minat investasi senior living.

Sebelumnya, tercatat minat investasi yang masuk dari sektor ini dari Jepang dan Australia. Beberapa perusahaan bisnis pemakaman salah satu yang merintis adalah di Karawang, dengan fasilitas yang memadai, minat terhadap bisnis jasa pemakaman tersebut cukup tinggi. Hal ini yang mendorong antusiasme beberapa investor asing untuk turut menikmati pasar dalam bisnis pemakaman tersebut.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: