Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Setelah SD, OJK Akan Sasar PAUD

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya untuk melakukan edukasi keuangan kepada masyarakat di Indonesia sejak dini. Hal ini guna meningkatkan literasi keuangan sekaligus memberikan pemahaman tentang perencanaan keuangan.

Setelah program pengenalan industri jasa keuangan dan edukasi keuangan berhasil masuk kurikulum tingkat SD sampai SMA maka ke depan regulator bakal menyasar sekolah/lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD).

Demikian seperti yang disampaikan anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono di sela acara peluncuran buku Mengenal Jasa Keuangan untuk Tingkat SD di SDN Menteng 01 Jakarta, Jumat (27/11/2015).

"Sekarang ini kan untuk SD sampai SMA sudah, tapi tidak menutup kemungkinan kita akan menyasar ke PAUD melalui kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya," ujar Kusumaningtuti kepada wartawan.

Tituk sapaan akrab Kusumaningtuti, menjelaskan konsep yang diajarkan sangat sederhana sekali agar anak-anak PAUD mudah mengingat materi yang disampaikan.

"Jadi, konsepnya yang paling sederhana, diajarkan menabung. Kenal uang yang receh-receh kemudian dimasukkan celengan," tuturnya.

Menurutnya, edukasi keuangan sangat penting diajarkan sedini mungkin. Apalagi, balita memiliki daya tangkap yang tinggi. Dia berharap bahwa melalui edukasi keuangan sejak dini maka ketika dewasa nanti mereka dapat menghargai uang dan mampu merencanakan keuangan dengan baik.

"Supaya anak-anak mengerti mengenai uang, pengelolaan uang sejak dini, bentuknya bagaimana," tandasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: