Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkeu: Sektor Manufaktur Harus Tumbuh Lebih Tinggi Lagi

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online Jakarta-  Meskipun sudah tumbuh cukup tinggi pada tahun ini, Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro berharap, sektor manufaktur dapat tumbuh lebih tinggi lagi pada masa-masa mendatang, untuk memastikan sektor ini menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Seperti diketahui, tahun ini sektor manufaktur tumbuh di kisaran 4 persen. Padahal, pada era tahun 1990 hingga 1997, sektor ini mampu tumbuh hingga kisaran 7 persen.

“Tahun 2015 ini sektor manufaktur tumbuh 4 persen. Ini belum cukup, karena kita harus mulai berpikir menjadikan manufaktur sebagai sumber pertumbuhan ke depan, jadi dia harus tumbuh di atas 4,2 persen, kalau perlu tumbuh seperti tahun 1990-1997,” ungkapnya dalam Kompas 100 CEO Forum pada Kamis (26/11) di Jakarta.

Namun demikian, jika ingin sektor manufaktur dapat kembali berjaya, menurut Menkeu, Indonesia harus bisa menemukan faktor unggulannya. Jika pada era 1990-1997 sektor manufaktur Indonesia unggul karena industri padat karyanya, hal ini sudah tidak relevan jika diterapkan pada masa kini. Pekerjaan rumah inilah yang harus segera dijawab oleh dunia usaha Indonesia.

“Sekarang kita harus cari cara bagaimana manufaktur tumbuh seperti tahun 1990an, bisa sampai 7 persen tumbuhnya, tetapi mungkin tidak persis sama unggulannya, karena mungkin era labor intensive sekarang tidak semenarik periode 1990-1997,” ungkapnya

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: