Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

10 Pemain Tenis Terkaya di Dunia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Dunia olahraga sejak lama telah menjadi bisnis yang menggiurkan bagi berbagai perusahaan di dunia. Tak terkecuali olahraga tenis. Tentunya, hal ini juga berdampak terhadap para pemainnya. Bahkan, para pemain tenis kelas dunia selalu menjadi rebutan perusahaan untuk menjadi brand ambassador mereka.  

Tak heran jika banyak petenis dunia yang memiliki harta kekayaan yang berlimpah, bahkan masuk dalam jajaran miliuner dunia. Berikut adalah 10 pemain tenis terkaya di dunia.

1. Roger Federer

Nilai kekayaan (2015): US$300 juta

Roger Federer merupakan petenis berkebangsaan Swiss yang saat ini menempati peringkat ke-2 dunia.  Pria yang lahir pada 8 Agustus 1981 ini memulai karier tenis profesionalnya sejak 1998 dan mulai masuk dalam jajaran peringkat 10 tertinggi dunia sejak 2002 lalu. Nilai kekayaan yang berhasil ia kumpulkan selama menjadi petenis profesional sebesar US$300 juta, dengan brand utama yang menjadi sponsornya adalah Nike, Rolex, dan Credit Suisse. Federer juga dikenal sebagai salah satu atlet yang memberikan perhatian khusus pada dunia pendidikan. Hal ini diwujudkannya dengan mendirikan yayasan The Roger Federer Foundation yang berkomitmen memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak di seluruh dunia.

2. Andre Agassi

Nilai kekayaan (2015): US$175 juta

Andre Kirk Agassi merupakan atlet tenis asal Amerika Serikat yang kini telah pensiun dari dunia olahraga ini. Memulai karier profesionalnya pada 1986, pria yang menggantung raketnya sejak 2006 ini dikenal sebagai legenda tenis dunia yang menempati peringkat pertama terlama sepanjang sejarah. Maka tak heran jika sepanjang karier bertenisnya, ia mampu menghasilkan kekayaan sebesar US$175 juta. Sponsor yang paling banyak berkontribusi terhadap pendapatan Agassi adalah Nike. Agassi juga dikenal atas perhatiannya kepada anak-anak yang menderita penyakit kronis, bahkan ia mendirikan yayasan yang diberi nama The Andre Agassi Charitable Foundation. Yayasan tersebut berkomitmen pada pemberian bantuan bagi anak dengan penyakit kronis yang berada di Nevada, Amerika Serikat.

3. Pete Sampras

Nilai kekayaan (2015): US$150 juta

Petros Sampras atau yang dikenal dengan nama Pete Sampras merupakan petenis berkebangsaan Amerika Serikat yang memulai karier atletnya pada 1988. Sepanjang karier bertenisnya, pria yang telah menggantung raket pada 2002 ini berhasil mengumpulkan kekayaan senilai US$150 juta. Brand utama yang menjadi sponsor Sampras adalah Nike. Setelah pensiun, Sampras dikenal dengan aktivitas sosialnya di Aces for Charity dan Tim & Tom Gullikson Foundation yang fokus pada pendampingan bagi pasien tumor dan keluarganya.

4. Serena Williams

Nilai kekayaan (2015): US$140 juta

Serena Jameka Williams merupakan petenis wanita asal Amerika Serikat yang menempati posisi ke-4 dunia. Dalam jajaran petenis wanita, Serena berhasil menduduki peringkat pertama dunia. Serena yang lahir pada 26 September 1981 ini memulai karier tenis profesionalnya sejak 1995. Sejak menjadi petenis profesional, Serena berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar US$140 juta dengan brand utamanya adalah Chase dan Audemars Piguet. Saat ini, Serena juga menjadi duta bagi UNICEF dan sedang mendirikan yayasan pribadinya bersama sang kakak, Venus Williams.

5. Maria Sharapova

Nilai kekayaan (2015): US$110 juta

Maria Yuryevna Sharapova merupakan petenis berkebangsaan Rusia yang kini menempati peringkat ke-3 dunia. Petenis wanita kelahiran  19 April 1987 ini memulai karier profesionalnya sejak 2001. Nilai kekayaan yang berhasil dikumpulkannya sejak menjadi atlet profesional sebesar US$110 juta dengan sponsor utamanya adalah Nike dan Head. Meskipun masih termasuk atlet muda, Sharapova telah memiliki kepedulian yang tinggi terhadap dunia pendidikan. Hal ini dibuktikannya dengan membangun yayasan bernama The Maria Sharapova Foundation yang fokus pada pemberian beasiswa pendidikan bagi anak muda di beberapa negara, salah satunya Belarus.

6. Rafael Nadal

Nilai kekayaan (2015): US$100 juta

Rafael Nadal Parera merupakan petenis berkebangsaan Spanyol yang lahir pada 3 Juni 1986. Pria yang kini menempati peringkat ke-8 dunia ini memulai karier profesionalnya pada 2001. Sepanjang menjadi atlet tenis profesional, nilai kekayaan bersihnya yang berhasil ia kumpulkan sebesar US$100 juta. Brand utama yang menjadi sponsornya adalah Tommy Hilfiger dan Telefonica. Selain menjadi atlet, ia pun bekerja sebagai tim bisnis untuk yayasan yaitu City Harvest dan The Laureus Sport for Good Foundation.

7. Novak Djokovic

Nilai kekayaan (2015): US$90 juta

Novak Djokovic adalah petenis berkebangsaan Serbia yang lahir pada 22 Mei 1987. Pria yang saat ini menempati peringkat pertama dunia ini memulai karier profesionalnya pada 2003. Nilai kekayaan yang berhasil ia kumpulkan sejak menjadi petenis profesional sebesar US$90 juta. Sponsor yang paling banyak berkontribusi terhadap pendapatan Djokovic adalah ANZ dan Jacob’s Creek. Djokovic juga dikenal atas perhatiannya pada kesejahteraan anak-anak di Serbia. Karenanya, ia mendirikan The Novak Djokovic Foundation yang fokus pada pemberian kesejahteraan bagi anak-anak di negara asalnya.

8. Venus Williams

Nilai kekayaan (2015): US$75 juta

Selain Serena Williams, sang kakak yaitu Venus Ebony Starr Williams juga merupakan petenis ternama dunia yang kini menempati peringkat ke-11 terbaik dunia. Wanita yang lahir pada 17 Juni 1980 ini pernah menempati posisi pertama dunia sejak 2002. Memulai karier profesionalnya sejak 1994, Venus berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar US$75 juta. Sponsor utama yang berkontribusi besar pada pendapatan Venus adalah Kraft dan Ralph Lauren. Venus dikenal sebagai petenis yang banyak memberikan sumbangan bagi yang membutuhkan, khususnya penderita AIDS. Karenanya, tak heran jika ia menjadi salah satu penyandang dana besar bagi The Elton John AIDS Foundation dan Great Ormond Street Hospital di London, Inggris.

9. Anna Kournikova

Nilai kekayaan (2015): US$50 juta

Anna Sergeyevna Kournikova merupakan petenis asal Rusia yang lahir pada 7 Juni 1981. Kournikova memulai karier tenis profesionalnya sejak 1995 dan menggantung raketnya sejak 2007. Sepanjang kariernya, petenis yang pernah menempati peringkat pertama dunia ini berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar US$50 juta dengan sponsor yang berkontribusi terbesar adalah Adidas. Kini, setelah pensiun sebagai atlet, Kournikova aktif bekerja di yayasan The Elton John AIDS Foundation.

10. Li Na

Nilai kekayaan (2015): US$50 juta

Li Na adalah petenis asal Tiongkok yang lahir pada 26 Februari 1982. Ia memulai karier tenis profesionalnya sejak 1999 dan memutuskan berhenti sebagai atlet pada 2014 dengan peringkat tertingginya adalah kedua dunia. Sepanjang kariernya, ia berhasil mengumpulkan kekayaan senilai US$50 juta dengan sponsor terbesarnya adalah Nike. Ia juga dikenal atas kemurahan hatinya, dengan menyumbangkan uang sebesar US$1 juta kepada The China Children and Teenagers Foundation untuk membiayai panti asuhan dan anak-anak penyandang cacat di Wuhan, Tiongkok.

Sumber: Majalah Warta Ekonomi Edisi 18

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dinda Purnamasari
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: