Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

AIA Financial: Putar Arah dari Rugi ke Laba

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT AIA Financial merupakan anak perusahaan AIA Group. AIA Financial telah melayani lebih dari 28 juta pemegang polis individu dan lebih dari 16 juta peserta asuransi. Perusahaan ini telah menggarap pasar asuransi di Indonesia sejak 1983.  Di awal pendiriannya, perusahaan ini  bernama PT Asuransi Lippo Jiwa Sakti dan berubah nama menjadi PT AIA Financial sejak 2009.

AIA Financial telah menawarkan berbagai produk asuransi mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, program kesejahteraan karyawan, hingga program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Produk-produk tersebut dipasarkan oleh lebih dari 10.000 tenaga penjual.

Tahun lalu, kinerja keuangan perusahaan asuransi jiwa ini menunjukkan pertumbuhan yang positif. Pendapatan premi neto AIA Financial tumbuh sebesar 18,20%  dari Rp5,49 triliun pada 2013 menjadi Rp6,69 triliun pada 2014. Di samping pertumbuhan premi, perusahaan juga mencatatkan pertumbuhan laba yang sangat signifikan, dari posisi merugi berubah jadi mencetak laba. Kerugian yang diderita sebesar Rp1,04 triliun pada 2013 berhasil diputar arah menjadi laba sebesar Rp1,57 triliun.

Laba tumbuh sebesar 251,41%. Perusahaan ini juga telah meningkatkan aset yang dimilikinya menjadi Rp35,62 triliun pada 2014 atau naik sebesar 28,95% dari aset tahun 2013 yang sebesar Rp27,62 triliun.

Dalam pengembangan strategi pemasaran, AIA Financial terus memfokuskan strategi pada pengembangan kuantitas dan kualitas jalur distribusi yakni pada agency dan bancassurance. AIA Financial bekerja sama dengan perusahaan lain di bidang perbankan hingga transportasi dalam mengembangkan jaringan pemasaran produk asuransi. Ada sekitar sembilan bank yang telah bekerja sama dengan AIA Financial untuk memasarkan produk-produk besutannya.

Untuk menjangkau nasabah di Nusantara, perusahaan juga memiliki 36 kantor perwakilan yang tersebar di seluruh Indonesia. AIA Financial juga menghadirkan AIA Express Claim untuk mempermudah pencairan klaim. Perusahaan ini mengklaim layanan tersebut memberikan kecepatan, kemudahan, dan kenyamanan dalam proses klaim.

AIA Financial mengklaim butuh waktu 20 menit untuk menginformasikan keputusan klaim yang diajukan melalui short message service (SMS). Klaim akan dibayarkan dalam satu hari kerja sejak SMS keputusan klaim dikirimkan.

Sumber: Majalah Warta Ekonomi Edisi 19

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alnisa Septya Ratu
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: