Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Allianz: Premi Melambung Tinggi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Tahun 2014 merupakan momentum penting bagi Allianz Utama. Untuk kali pertama semenjak perusahaan didirikan pada tahun 1989, perusahaan berhasil membukukan gross written premium (GWP) atau pendapatan premi bruto sebesar Rp1,14 triliun.

Pendapatan tersebut tumbuh sebesar 77% dibandingkan tahun 2013. Perusahaan asuransi ini juga membukukan peningkatan laba operasional perusahaan menjadi Rp37,7 miliar dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp11,1 miliar.

Upaya restrukturisasi perusahaan yang dilakukan sejak mengalami kerugian pada tahun 2012 dengan meningkatkan disiplin underwriting dan penyeleksian risiko memberikan hasil yang positif pada saat ini. Pada 2014, lini bisnis komersial menunjukkan pertumbuhan sebesar 95%, sedangkan lini bisnis ritel tumbuh 36%.

Pertumbuhan dari segmen ritel didorong oleh melonjaknya porsi bisnis yang dibukukan oleh produk kecelakaan diri (personal accident/PA), kesehatan, dan asuransi perjalanan yang mencapai 26% terhadap total pendapatan premi bruto perusahaan.

"Kinerja yang baik ini tidak lepas dari keberhasilan kami untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas. Di samping itu, dukungan dan komitmen Grup Allianz terhadap lini usaha asuransi kerugian di Indonesia sangat besar, sehingga memberikan kepercayaan yang lebih kepada para nasabah kami. Berkat hal tersebut, selain memperoleh kembali kepercayaan dari nasabah-nasabah kami sebelumnya, tahun lalu kami juga berhasil melakukan beberapa kerja sama strategis yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja keuangan perusahaan," kata Wakil Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia Wiyono Sutioso yang dikutip dari situs resmi Allianz.

Allianz Utama yang terlahir sebagai perusahaan asuransi umum lahir lebih awal dibandingkan Allianz Life  yang membidik pasar asuransi jiwa. Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan pada 1981.

Sekitar delapan tahun kemudian, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia sebagai perusahaan asuransi umum. Lalu, Allianz menggarap bisnis asuransi jiwa, kesehatan, dan dana pensiun dengan mendirikan Asuransi Allianz Life Indonesia pada 1996.

Sumber: Majalah Warta Ekonomi Edisi 19

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: https://wartaekonomi.co.id/author/iwan_supriatna
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: