Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPBD: Gempa Pandeglang Tak Timbulkan Kerusakan

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandarlampung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,6 skala Richter (SR) di tenggara Pandeglang, Banten, Sabtu (28/11/2015), pukul 21.47 WIB.

Menurut BMKG, seperti disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi Lampung Yuharman, gempa 5,6 SR itu berpusat pada lokasi 7.32 derajat Lintang Selatan (LS) dan 105.81 derajat Bujur Timur (BT), 77 km tenggara Pandeglang Banten.

Gempa ini berada pada kedalaman 75 km, dan tidak menimbulkan ancaman tsunami.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak menyatakan gempa tektonik tidak menimbulkan kerusakan infrastruktur.

"Kami belum menerima laporan kerusakan infrastruktur maupun perumahan akibat gempa Pandeglang," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Sabtu.

Ia meminta masyarakat tidak panik adanya gempa berkekuatan 5,6 SR dengan kedalaman 75 kilometer di sebelah tenggara Pandeglang.

Gempa Pandeglang terjadi pukul 21.47 WIB mengguncang hingga Kabupaten Lebak, DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Bogor.

Sebelumnya, masyarakat Rangkasbitung berhamburan akibat getaran gempa yang cukup keras itu.

Namun, getarannya tidak berlangsung lama sehingga tidak mengancam kerusakan bangunan rumah maupun sarana dan prasarana infrastruktur.

"Kami berharap warga pesisir selatan tidak panik dan gempa Pandeglang tidak menimbulkan tsunami," katanya.

Sementara itu, Maman (45) seorang warga Sumur, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang saat dihubungi mengaku getaran gempa cukup keras namun tidak berlangsung lama.

Masyarakat sekitar sempat panik karena pusat gempa cukup berdekatan. namun beruntung gempa itu tidak menimbulkan kerusakan.

"Kami dan warga di sini sudah kembali ke rumah setelah gempa berhenti," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: