Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DKP Mukomuko Dukung Program Asuransi Nelayan

Warta Ekonomi -

WE Online, Mukomuko - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendukung pemerintah pusat meluncurkan program asuransi keselamatan kerja dan jaminan hari tua nelayan setempat.

"Kita mendukung program tersebut. Program ini sangat dibutuhkan oleh nelayan di daerah ini," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Rahmad Hidayat, di Mukomuko, Sabtu (28/11/2015).

Karena, ia yakin, belum satu pun nelayan di daerah itu yang ditanggung asuransi, baik itu untuk keselamatan kerja dan jaminan hari tua.

Ia menyebutkan, hanya sebagian kecil nelayan setempat itu yang menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Itu pun saat mereka membutuh ketika sedang sakit.

Menurutnya, nelayan belum ada yang menggurus asuransi karena masalah ekonomi mayoritas nelayan setempat yang tergolong miskin.

Pendapatan nelayan dari menangkap ikan di laut, katanya, hanya mencukupi untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari.

"Pendapatan nelayan kita itu minim rata-rata sebesar Rp50.000 per hari. Kalau tangkapan sedang banyak sebesar Rp100.000 per hari," ujarnya lagi.

Nelayan Kecamatan Ipuh Tumi meminta pemerintah memfasilitasi program asuransi keselamatan kerja dan jaminan hari tua untuk mereka.

"Kalau bisa pemerintah yang memfasilitasi. Karena nelayan di sini tidak mampu secara ekonomi menjadi peserta asuransi," ujarnya.

Menurutnya, kendala nelayan belum menggurus asuransi karena ketidakmampuan ekonomi nelayan di wilayahnya untuk menjadi peserta asuransi.

"Banyak nelayan miskin di daerah ini sehingga mereka tidak mampu untuk menjadi peserta asuransi," ujarnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: