Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Dijadwalkan Terbang ke Paris Hadiri KTT Perubahan Iklim

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana dijadwalkan bertolak menuju Paris, Perancis untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim. Kepala Negara akan bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 09.00 WIB.

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi mengatakan Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pandangan Indonesia dalam proses negosiasi yang berlangsung dalam KTT Perubahan Iklim di Paris awal pekan depan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada wartawan di Istana Presiden Jakarta, Jumat mengatakan Presiden Joko Widodo akan bersama 147 pemimpin lainnya menyampaikan sejumlah pandangan dan posisi Indonesia mengenai berbagai isu terkait perubahan iklim.

"Dan selama pertemuan leaders tersebut, Presiden tentunya akan menyampaikan statement Indonesia selama kurang lebih tiga sampai lima menit. Dan dalam statement itu tentunya kita menyampaikan beberapa hal. Pertama adalah pemberian political support terhadap suksesnya negoisasi tersebut," kata Retno.

Dia menambahkan, Presiden juga menjelaskan mengenai posisi strategis Indonesia karena Indonesia adalah salah satu negara pemilik hutan yang terbesar tetapi juga pada posisi yang secara geografis yang rentan terhadap perubahan iklim dengan adanya 17 ribu pulau di antaranya adalah pulau-pulau yang kecil, lebih dari 70 persen wilayah Indonesia terdiri dari air, laut, dan sebagainya. "Itu membuat kita juga rentan dan kita sebagai negara berkembang kita juga masih memerlukan ruangan yang cukup untuk melakukan pembangunan ekonomi," katanya.

Menlu mengatakan, Indonesia sejak beberapa waktu lalu juga sudah menyampaikan komitmen mengenai pengurangan emisi.

Sementara itu Mensesneg Pratikno mengatakan selain menghadiri pertemuan tentang perubahan iklim itu, Presiden Joko Widodo juga akan bertemu secara bilateral dengan sejumlah pemimpin negara lainnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: