Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Beras di Pasaran Lokal Gorontalo Turun

Warta Ekonomi -

WE Online, Gorontalo - Dalam dua pekan terakhir, harga beras di pasaran lokal Kota Gorontalo mengalami penurunan.

Sejumlah pedagang beras di Gorontalo, Minggu (29/11/2015), mengatakan bahwa penurunan harga beras tersebut disebabkan panen yang berhasil di beberapa wilayah, juga adanya imbauan Pemerintah Provinsi Gorontalo agar petani maupun pedagang jangan menjual beras ke luar daerah.

Mahdi salah satu pedagang beras di Pasar Sentral Kota Gorontalo menyebutkan, sebelumnnya harga beras menembus pada level Rp500 ribu hingga Rp510 ribu per koli (50 kg), namun saat ini turun menjadi Rp430 ribu hingga Rp450 ribu per koli.

Bahkan untuk beras yang kualitasnya kurang baik, dijual oleh pedagang pada kisaran Rp400 ribu hingga Rp410 ribu per koli.

Karena stok banyak, harga beras dalam dua pekan ini mengalami penurunan, kata Mahdi lagi.

Roni, pedagang beras lainnya mengatakan, penurunan harga beras ini juga disebabkan adanya bantuan beras untuk masyarakat sejahtera (rastra, dulu raskin, Red) tambahan selama dua bulan dari pemerintah daerah kepada warga yang kurang mampu.

Selain itu, banyak pasokan beras yang datang dari Sulawesi Tengah dan Makassar Sulawesi Selatan yang kualitasnya bisa bersaing dengan produksi atau pun hasil panen petani di Gorontalo.

Dia memperkirakan harga beras tersebut akan terus mengalami penurunan dalam beberapa pekan ke depan, apalagi sudah ada wilayah di Kabupaten Pohuwato dan Boalemo yang tidak beberapa lama lagi akan panen padi.

Ia menambahkan adanya kebijakan Gubernur Gorontalo yang meminta kepada petani maupun pedagang untuk tidak menjual beras keluar daerah, sangat membantu konsumen maupun pengusaha pengumpul beras, sehingga mendorong harga tetap stabil dan tidak terjadi penimbunan. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: