Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Komunitas Pers Proklamirkan Diri Siap Hadapi MEA

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Komunitas pers ASEAN memiliki peran yang tidak kecil dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pertukaran informasi yang positif dan konstruktif agar cita-cita menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai kekuatan ekonomi dan politik bersama sangat dibutuhkan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bidang Luar Negeri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Teguh Santosa dalam keterangan yang diterima redaksi Warta Ekonomi di Jakarta, Minggu (29/11/2015).

Teguh Santosa baru saja memimpin delegasi wartawan Indonesia pada Sidang Umum ke-18 Konfederasi Jurnalis ASEAN (CAJ) di Hanoi, Vietnam, Jumat dan Sabtu kemarin (26-27/11/2015).

"Sidang Umum CAJ tersebut digelar bersamaan dengan ulang tahun ke-40 CAJ dan dihadiri langsung oleh Sekjen ASEAN Le Luong Minh. Selain Vietnam dan Indonesia, Sidang Umum CAJ juga dihadiri delegasi Filipina, Malaysia, Thailand dan Laos, serta tiga negara peninjau India, Tiongkok, dan Korea Selatan. Adapun, delegasi dari Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, dan Myanmar berhalangan hadir," jelasnya.

Dalam Sidang Umum CAJ, imbuhnya, delegasi Indonesia menyampaikan sejumlah proposal terkait penguatan organisasi CAJ dan peningkatan kompetensi wartawan khususnya dalam menghadapi era MEA yang akan mulai berlaku pada awal 2016.

"Ada optimisme yang cukup kuat di kalangan komunitas wartawan ASEAN dalam menghadapi MEA, juga komitmen untuk ikut menjadi fondasi dan faktor pendukung dalam memasuki pasar tunggal ASEAN," ujarnya.

Dia juga mengatakan kehadiran komunitas pers yang kuat dan sehat di kawasan juga diakui Sekjen ASEAN Le Luong Minh sebagai kebutuhan yang tidak dapat dihindari.

"Sekjen ASEAN Le Luong Minh juga mengatakan pihaknya akan membuat satu media khusus sebagai wadah saling menukar informasi di kalangan masyarakat ASEAN. Rencana ini perlu disambut baik," kata Pemimpin Umum Kantor Berita Politik RMOL ini lagi.

Terkait upaya peningkatan kompetensi wartawan ASEAN, Teguh mengatakan pembangunan Sekolah Jurnalisme ASEAN di Palembang, Sumatera Selatan, yang sudah dicanangkan pada 2014 lalu akan dimulai tahun depan. PWI dalam waktu dekat akan melakukan pembicaraan dengan pihak Sekretriat ASEAN untuk menjalin kerja sama dalam konteks memperkuat pondasi kultural dan sosial masyarakat ASEAN.

Selain Teguh, delegasi Indonesia dalam Sidang Umum CAJ di Hanoi terdiri dari Sekretaris Tetap CAJ yang juga Wakil Pemred Kantor Berita Antara Bambang Purwanto, Deputi Sektap CAJ Edi Utama, dan Direktur CAJ Bob Iskandar.

Di dalam Sidang Umum CAJ itu juga dilakukan transfer kepemimpinan CAJ. Benny Antiporda dari Filipina yang memimpin sejak 2013 secara resmi digantikan oleh Ketua Asosiasi Jurnalis Vietnam (VJA) Thuan Huu. Sesuai Anggaran Dasar CAJ Thuan Huu akan memimpin CAJ hingga 2017.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: