Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rupiah Senin Pagi Melemah ke Level Rp 13.801

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin (30/11/2015) pagi, bergerak melemah 29 poin menjadi Rp13.830 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.801 per dolar AS.

"Faktor eksternal yang cenderung negatif menjadi salah satu pemicu nilai tukar rupiah bergerak melemah. Data ekonomi Eropa yang belum membaik dan diikuti negara berkembang lainnya menjadi salah satu faktor tekanan bagi mata uang rupiah," kata Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Senin (30/11/2015)

Reza Priyambada menambahkan rencana bank sentral Amerika Serikat (the Fed) yang akan menaikkan suku bunganya pada bulan Desember tahun ini masih membuat sebagian pelaku pasar uang khawatir terhadap aset mata uang berisiko.

"Di tengah kekhawatiran itu, pelaku pasar uang akan menempatkan aset-asetnya dalam mata uang 'safe haven' untuk menjaga nilai agar tidak tergerus," katanya.

Di sisi lain, lanjut Reza, laju nilai tukar rupiah juga masih dibayangi pelemahan harga komoditas dunia. Penurunan harga komoditas membuat Indonesia kehilangan salah satu sumber yang menopang ekonomi.

"Diharapkan harga komoditas segera pulih sehingga turut kembali menopang perekonomian domestik," katanya.

Sementara itu, pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara, Rully Nova menambahkan periode November tahun ini yang diproyeksikan mengalami inflasi menjadi salah satu sentimen negatif bagi mata uang rupiah.

Selain itu, lanjut Rully, neraca perdagangan Indonesia yang juga diproyeksikann kembali mengalami defisit menambah sentimen negatif bagi mata uang rupiah di pasar uang domestik.

"Sentimen di dalam negeri belum cukup mendukung untuk menopang rupiah," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: