Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Para Kepala Negara Akan Ikut Pembukaan COP 21

Warta Ekonomi -

WE Online, Paris - Para kepala negara akan menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim (Conference of Parties/COP) 21 sebelum memulai acara "Leaders Event" di Paris Le Bouget.

"Kepala Negara akan ikut pembukaan COP sebentar, akan ada serah terima Presiden COP, nanti langsung memulai dengan pertemuan 'Leader Event'," kata Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nur Masripat di Paris Le Bourget, Paris, Senin (30/11/2015).

Lebih lanjut, ia mengatakan jika semua sesuai rencana maka seluruh kepala negara akan meninggalkan konferensi usai mendengarkan sambutan Presiden COP 21 untuk menuju lokasi pertemuan Leaders Event yang dibuka pukul 11.00 waktu setempat.

Presiden Joko Widodo akan mendapat sesi berbicara selama tiga menit sekitar pukul 14.45 waktu setempat. Beberapa kepala negara tidak jadi berbicara di Leaders Event, karenanya di saat-saat terakhir jadwal dapat berubah.

Hanya akan ada empat perwakilan, termasuk kepala negara, dari setiap negara yang akan diperbolehkan masuk ke dalam area pertemuan kepala negara. Dan Indonesia akan diwakili Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Duta Besar Indonesia untuk Prancis.

"Presiden akan menyampaikan beberapa hal, salah satunya soal penanganan kebakaran hutan dan lahan," paparnya.

Namun untuk sejumlah kegiatan, Nur mengatakan sudah dimulai prapembukaan COP 21. Salah satunya "Ad Hoc Working Group on the Durban Platform for Enhanced Action" (ADP) 12, meskipun persidangannya baru efektif akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2015.

"Tidak ada 'statement individual country' seperti biasanya pada pembukaan ADP. Tapi setiap negara bisa menyampaikannya melalui portal, dan Indonesia rencananya akan 'submit' itu di portal," ujar Nur.

Berbagai pertemuan informal tertutup oleh media, lanjutnya, akan berlangsung disela-sela berbagai agenda di COP 21. "Sehingga delegasi dari Indonesia akan memberikan informasi bagaimana perkembangan apa yang diperjuangkan Indonesia di pagi hari berikutnya".

Sebanyak hampir 150 kepala negara dan perwakilannya akan hadir pada pembukaan COP 21 dan mengikuti Leaders Event di the Paris Le Bourget. "Para negosiator akan mulai melakukan tugasnya pada 1 Desember 2015". (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: