Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bencana Kabut Asap Bikin Kunjungan Wisman Turun 4,9%

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Oktober 2015 sebesar 825,8 ribu kunjungan atau mengalami penurunan 4,99% dari bulan September 2015 yang  sebesar 869,1 ribu kunjungan.

"Penurunan ini disebabkan oleh bencana asap yang melanda, terutama di beberapa provinsi di Indonesia, di antaranya pada Provinsi Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Juga, asap itu menyambangi sampai ke Malaysia, Singapura, dan Thailand yang membuat kunjungan wisman menurun," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Sasmito Hadi Wibowo dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Dampak penurunan wisman ini, lanjut Hadi, terlihat pada seluruh pintu masuk yang turut mengalami penurunan, di antaranya pada Bandara Kualanamu, Ngurah Rai, Soekarno-Hatta, Juanda, Sam Ratulangi, dan Adi Sumarmo.

Sehingga, lanjutnya, secara kumulatif (Januari-Oktober) 2015 jumlah kunjungan wisman mencapai 8,02 juta kunjungan atau naik 3,38% dibanding kunjungan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 7,76 juta kunjungan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: