Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Waduh, 180 Pejabat Daerah Tersangkut Kasus Korupsi

Warta Ekonomi -

WE Online. Koba - Direktur Litbang KPK, Dedi Hartono menyebutkan sebanyak 180 pejabat daerah tersangkut kasus korupsi yang menyebabkan kerugian negara cukup besar.

"Data hingga Juni 2015 tercatat 14 gubernur, 48 bupati dan 118 pejabat eselon satu dan dua tersangkut kasus korupsi," ujarnya saat membuka acara semiloka koordinasi dan supervisi di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (1/12/2015).

Ia menjelaskan, data tersebut menunjukkan bahwa praktik korupsi sangat mengkhawatirkan dan perlu upaya bersama untuk mencegahnya.

Karena itu, menurut dia, pengawasan terhadap tata kelola dan pemanfaatan APBD harus dilakukan secara sungguh-sungguh untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel.

"Korupsi menimbulkan biaya sosial yang sangat besar, maka peran pemerintah daerah sangat penting dalam membentuk budaya integritas," ujarnya.

Ia mengatakan, KPK terus mendorong pembentukan pejabat yang berintegritas dan pada akhirnya membentuk budaya integritas baik secara pribadi maupun institusi.

"Kegiatan supervisi ini harus ada manfaat, tidak hanya seremonial dan formalitas saja demi Indonesia yang lebih maju dan bebas korupsi," katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa KPK bekerja sama dengan BPKP dan Inspektorat dalam mewujudkan pengawasan dan tata kelola APBD yang akuntabel.

"Kegiatan pengawasan ini kami lakukan secara menyeluruh di 32 provinsi di Indonesia," ujarnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: