Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Alasan Sudirman Laporkan Novanto ke MKD

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri ESDM Sudirman Said menguraikan alasan kenapa dirinya melaporkan Ketua DPR Setya Novanto terkait dugaan pencatutan nama Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla dalam kasus 'Papa Minta Saham'. Hal itu dikatakan Sudirman dalam rapat kerja bersama Komisi VII DPR pada hari ini, Selasa (1/12/2015).

"Saat itu DPR, MPR, DPD mengundang jajaran direksi PT Freeport, Pak Maroef (Maroef Sjamsoeddin- Direktur PT Freeport) menceritakan pada saya," kata Sudirman di Gedung DPR, Senayan, Selasa (1/12/2015).

Pihak Freeport, kata Sudirman, kemudian menindaklanjuti dengan mengirim undangan agar para pimpinan DPR, MPR, DPD disatukan dalam satu pertemuan.

"Kata Maroef itu forum perkenalan pimpinan Freeport ke institusi politik. Cuma ketika pimpinan MPR dan DPD bertemu timnya, tapi ketika DPR, pertemuannya dikondisikan hanya bersama Setya Novanto " imbuhnya.

Kemudian, lanjut Sudirman, Novanto pun mempertemukan Maroef dengan pengusaha minyak Reza Chalid. Direktur Freeport itu kemudian mengaku aneh, apa kaitan Novanto memperkenalkan Reza Chalid. "Pertemuan selanjutnya, pengusaha yang dimaksud pun sudah mulai ikut mengatur," saran Sudirman kepada Maroef.

Kepada Maroef, Sudirman juga meminta agar semua isi pertemuan itu dicatat. "Setelah bertemu saya diberi gambar, ada angka, minta angka, dan proyek listrik. Saya mengetahui itu pertengahan Juli. Setelah saya mengetahui karena disebut nama presiden dan wapres, saya berkewajiban melaporkan," kata Sudirman.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: