Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Harapkan LPEI Salurkan Pembiayaan ke UMKM

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Otoritas Jasa Keuangan mendorong Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia menyalurkan pembiayaan atau kredit ke sektor usaha mikro, kecil, dan menengah.

"Dengan adanya beberapa kebijakan baru diharapkan LPEI dapat melakukan pembiayaan kepada segmen UMKM sehingga dapat membantu program pemerintah dalam mengakselerasi pengembangan UMKM," kata Kepala OJK Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara Dwi Suharyanto di Manado, Rabu (2/12/2015).

Dia mengatakan dengan pembiayaan lebih besar ke UMKM, maka program pemerintah melahirkan wirausaha baru bisa segera terwujud karena dapat memperluas lapangan pekerjaan.

Dwi menjelaskan sektor perdagangan luar negeri merupakan salah satu faktor penunjang pertumbuhan pemerataan dan stabilitas perekonomian nasiolan.

"Untuk mempercepat laju pertumbuhan perdagangan luar negeri dan peningkatan daya saing pelaku bisnis, diperlukan LPEI yang lebih fleksibel dalam melakukan kegiatan usahanya, sehingga diperlukan deregulasi peraturan LPEI yang tidak mengacu pada industri perbankan dan lebih pro kepada UMKM," katanya.

Oleh karena itu, OJK akan mengeluarkan kebijakan yang bersifat relaksasi atas beberapa "prudential regulatian" bagi LPEI, yakni dengan penghapusan ketentuan batas modal minimum, agar LPEI lebih leluasa dalam melaksanakan tugasnya mendorong pelaku usaha yang berorientasi ekspor.

Selain itu, katanya, menambahkan pengaturan "financing aset ratio" dalam rangka mendorong LPEI dapat menjalankan visi misinya untuk menunjang kebijakan pemerintah dalam rangka mendorong program ekspor nasional.

Untuk mendorong pembiayaan UMKM, OJK akan menambah aturan mengenai batasan minimum penyaluran pembiayaan oleh LPEI kepada UMKM, sehingga dapat lebih mengoptimalkan peran LPEI dalam mendorong dan mengembangkan UMKM yang berorientasi ekspor. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: