Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Smanbara Kelola Sampah Jadi Kompos Bio Pestisida

Warta Ekonomi -

WE Online, Singaraja - SMA Negeri Bali Mandara (Smanbara), Kabupaten Buleleng, Bali mengembangkan usaha pengelolaan sampah organik menjadi kompos bio pestisida yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

"Selain untuk dipasarkan nantinya, juga digunakan pupuk untuk keperluan aktivitas penanaman pohon di sekitar areal sekolah," kata Kepala Sekolah SMA Negeri Bali Mandara, Nyoman Darta di Singaraja, Senin (14/12/2015).

Ia menuturkan, pengolahan sampah organik yang dikumpulkan oleh siswa dan siswi SMA serta SMK Bali Mandara menjadi kompos dilakukan melalui kegiatan komposting.

"Kami gunakan mesin pencacah sampah untuk mencacah sampah organik yang dikumpulkan dan mesin penyaring untuk menyaring kompos yang dihasilkan melalui proses komposting, dimana sampah organik dicampur EM4 dan dibungkus sebagai bagian dari proses pembusukan sampah menjadi kompos," jelasnya.

Dikatakan, kompos bio pestisida dihasilkan dari daun pohon intaran yang mengandung bio pestisida dan banyak tumbuh di areal sekolah.

Darta memaparkan, kompos bio pestisida yang dihasilkan dapat berkisar antara 1-2 ton per minggu, banyak diminati dan dikembangkan untuk segera dipasarkan.

"Rencananya memang akan dipasarkan, untuk menggemakan menanam pohon dan juga melatih kemampuan wirausaha siswa/siswi kami di sekolah," kata dia.

Selain itu, untuk pengelolaan sampah anorganik berupa sampah plastik dan lain-lainnya dijadikan barang bernilai ekonomis, dilakukan melalui pemilahan dan pemilihan sampah yang berhasil dikumpulkan setiap hari.

"Sampah plastik juga diolah menjadi barang barang yang berguna nantinya sehingga dapat membantu menyelamatkan bumi kita apalagi jenis sampah itu tergolong sampah tidak dapat terurai," imbuhnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: