Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemkab Pasaman Percepat Tanam Padi

Warta Ekonomi -

WE Online, Lubuk Sikaping, Sumbar - Perintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, akan mempercepat musim tanam padi pada 2016 dengan tujuan meningkatkan produksi padi di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman Nasrun di Lubuk Sikaping, Jumat (5/2/2016), mengatakan percepatan tanam padi itu harus dilakukan dalam rangka mendukung terwujudnya swasembada pangan yang berkelanjutan.

"Hal ini adalah upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman untuk mendukung terwujudnya swasembada pangan berkelanjutan pada tahun 2016, dengan berbagai upaya yang terus dilakukan," kata Nasrun.

Pemkab juga membangun jaringan irigasi, memperbaiki berbagai macam infrastruktur pertanian serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Dengan perbaikan irigasi yang saat ini telah dilakukan diharapkan air dapat mengairi sawah masyarakat dengan lancar sehingga areal sawah tersebut bisa ditanami padi sepanjang waktu.

Target percepatan tanam padi itu rencananya akan dilakukan di areal sekitar 52 ribu hektare dengan luas baku sawah sekitar 21.823 hektare.

Sehubungan dengan itu, beberapa tahun terakhir, Nasrun menjelaskan bahwa Pemkab Pasaman terus surplus beras yang rata-rata diatas 80 ribu ton setiap tahunnya.

"Kita tetap optimis target beras Pasaman kita terus mengalami kenaikan, apalagi pada tahun 2016 ini. Jika masyarakat mengerti dan paham akan hal ini, maka pada tahun ini, kita juga akan mengalami surplus beras yang jauh meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu," katanya.

Agar terwujudnya target percepatan tanam padi sawah tersebut, dinas terkait juga akan melakukan penyuluhan ke 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman.

Untuk mencapai target tersebut, Nasrun mengharapkan kepada masyarakat agar dapat mengubah kebiasaan masyarakat yang bertanam hanya dua kali dalam setahun.

"Kita berharap masyarakat dapat mengubah pola pikir mereka yang mana selama ini hanya melakukan tanam padi selama setahun hanya dua kali, kalau bisa dilakukan tiga kali dalam setahun. Ini tentu bisa menambah hasil tanam padi sawah tersebut," jelasnya. (Ant)

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: