Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelaku Usaha Optimis Tahun 2016 Lebih Baik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Para pelaku usaha menilai kondisi bisnis di tahun 2016 akan lebih baik dibandingkan tahun lalu. Perkiraan ini diperoleh Badan Pusat Statistik (BPS) melalui indeks tendensi bisnis (ITB) triwulan I-2016 sebesar 104,28.

"Kondisi bisnis di triwulan I-2016 diperkirakan meningkat dibandingkan triwulan IV-2015, namun tingkat optimisme pelaku bisnis menurun," kata Kepala BPS Suryamin dalam konferensi pers di Gedung BPS, Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Perkiraan meningkatnya kondisi bisnis triwulan I-2016, menurut pelaku usaha, terutama karena adanya peningkatan persepsi bisnis pada semua komponen indeks kecuali permintaan luar negeri.

"Kondisi bisnis di triwulan I-2016 diperkirakan meningkat pada sebagian besar lapangan usaha, kecuali pertambangan dan penggalian," tambahnya.

Lapangan usaha yang paling optimis di triwulan I-2016 adalah pertanian, kehutanan, dan perikanan dengan nilai ITB sebesar 110, diikuti jasa kesehatan dan kegiatan sosial dengan nilai ITB 109,13 dan informasi dan komunikasi dengan nilai ITB 108,2.

"Dan lapangan usaha yang pesimis pertambangan dan penggalian dengan nilai ITB 92,03," jelasnya.

Seperti diketahui, ITB adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang datanya diperoleh dari survei tendensi bisnis (STB) yang dilakukan BPS lewat kerja sama dengan Bank Indonesia. ITB merupakan indeks yang menggambarkan kondisi bisnis dan perekonomian pada triwulan II berjalan dan perkiraan pada triwulan mendatang.

STB dilakukan setiap triwulan di beberapa kota besar terpilih di seluruh Indonesia. Jumlah sampel STB triwulan IV-201 sebanyak 4.514 perusahaan kategori besar dan sedang dengan responden pemimpin perusahaan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: