Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BNI dan Angkasa Pura Kerja sama Layanan 'Integrated Cash Management'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan Angkasa Pura II meningkatkan kerja sama dalam bidang cash management. Untuk membantu operasional Angkasa Pura II, BNI menyediakan solusi cash management yang terpadu mulai dari collection, liquidity management, hingga payment management.

Dukungan BNI ini akan membantu upaya pembenahan yang tengah dilakukan Angkasa Pura II dalam meningkatkan pelayanan di 13 bandar udara di Indonesia.

Penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) tentang penggunaan layanan integrated cash management dilaksanakan di Gedung Kantor Pusat BNI di Jakarta, Kamis (4/2/2015). Penandatanganan PKS tersebut dilaksanakan antara Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati dengan Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II (Persero) Andra Y Agussalam.

Layanan yang disepakati dalam kerja sama ini terdiri atas layanan BNIDirect yaitu layanan internet banking corporate yang dilengkapi dengan fitur payment management untuk pembayaran pada vendor-vendor kerja sama, pembayaran gaji karyawan (payroll), dan pembayaran pajak (e-tax).

Melalui BNIDirect, Angkasa Pura II pun dapat memperoleh layanan autodebit collection dan reporting, layanan account sweeping, layanan pengelolaan rekening operasional, layanan passanger service charge, hingga layanan BNI virtual account.

Menurut Adi Sulistyowati, BNI menyambut baik kepercayaan dari Angkasa Pura II kepada BNI untuk membantu pengelolaan kas Angkasa Pura II. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan mendorong pengembangan bisnis di Angkasa Pura II dan di BNI.

"Salah satu layanan yang diunggulkan adalah Layanan Pembayaran Pajak MPN Generasi 2 (MPNG2) di mana untuk proses pembuatan billing dan pembayaran pajak dapat dilakukan dalam platform BNIDirect sehingga nasabah tidak perlu melakukan create billing di situs Direktorat Jenderal Pajak (DJP)," ujar Susi.

Menurut Andra Y Agussalam, penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan peningkatan dari kerja sama yang sudah terjalin sebelummya dengan BNI. Saat ini Angkasa Pura II sedang melakukan pembenahan untuk meningkatkan pelayanan di 13 bandar udara yang membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik.

"Melalui penandatanganan perjanjian kerja sama ini diharapkan menjadi solusi bisnis dalam pengelolaan keuangan Angkasa Pura II secara terpadu, efektif, dan efisien," tandas dia.

BNI merupakan bank pertama yang mengimplementasikan layanan passanger service charge di kerja sama. Saat ini sudah ada tujuh airline yang melakukan pembayaran passanger service charge ke kerja sama melalui BNI.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: